Gambar logo Nvidia, sumber gambar: Alpha Coders

Kerja sama Nvidia dan Indosat, Bangun AI Center di Solo Senilai 200 Juta dolar

Teknologi 7 Apr 2024

Dilansir dari Nikkei Asia bahwa perusahaan besar chipmaker ​Nvidia dan salah satu perusahaan telekomunikasi besar Indonesia, Indosat Ooredoo Hutchison ​bekerja sama untuk membangun artificial intelligance center ​(​AI Center) di Asia Tenggara​ sebesar 200 juta dolar.

AI Center ini akan dibangun di kota Solo, Jawa Tengah yang diperkirakan dimulai pada akhir tahun 2024.

Wakil menteri Nezar Patria berkata bahwa "Kolaborasi ini diharapkan dapat mentransfer teknologi jadi kita tidak akan menjadi pengguna saja tetapi akan menjadi pemain AI dalam skala level global."

Indosat, operator jaringan seluler terbesar kedua di Indonesia, bertujuan untuk meningkatkan infrastruktur teknologi dengan menawarkan sumber daya manusia dengan keahlian yang dibutuhkan. Indosat saat ini sedang mendalami lebih dalam layanan digital karena ingin berekspansi di luar telekomunikasi untuk menjadi perusahaan teknologi yang lebih luas.

Kemitraan di Indonesia merupakan bagian dari langkah perkembangan di Asia Tenggara, termasuk Singapura dan Malaysia. Singapore Telecommunications (Singtel) pada bulan Januari lalu mengumumkan kerja sama dengan Nvidia untuk menggunakan kemampuan kecerdasan buatan di pusat data mereka di seluruh wilayah. Di Malaysia, YTL Group mengatakan bahwa mereka meluncurkan cloud kecerdasan buatan pertama di negara tersebut, yang akan menggunakan unit pemrosesan grafis (GPU) Blackwell baru dari Nvidia.

Tag

Rizky Aufa Febrianto

Suka fotografi dan gambar anime, gaming tipis-tipis