Tesla Bakal Berhentikan Program Referral, Siap Pangkas Harga

Otomotif 22 Apr 2024

Minggu yang luar biasa buruk bagi Tesla. Jatuhnya harga saham, PHK massal, dan kepergian eksekutif sepertinya seminggu dari neraka buat perusahaan yang dipimpin Elon Musk tersebut.

Namun, itu belum cukup. Tesla memutuskan bahwa pembersihan musim semi belum sepenuhnya selesai dan menambahkan pengumuman yang lebih eksplosif ke dalamnya.

Tesla kali ini mengakhiri program referral globalnya, di mana pemilik dapat memperoleh imbalan karena merujuk teman dan keluarga ke merek tersebut. Selain itu, perusahaan juga memangkas harga beberapa mobil terlarisnya.

Dilansir dari ArenaEV, program referral Tesla telah ada selama bertahun-tahun, menarik pemilik saat ini untuk menyebarkan berita tentang kendaraan listrik mereka. Hadiah telah berubah seiring waktu, mulai dari bonus tunai hingga Supercharging gratis, akses sementara ke fitur premium Tesla, dan bahkan janji Roadster dengan diskon besar. Tapi sayangnya, semua fasilitas tersebut akan hilang pada tanggal 30 April nanti.

Pengumuman ini sendiri menyebar melalui Twitter.

Tesla belum memberikan alasan resmi atas perubahan tersebut. Beberapa orang berspekulasi bahwa program tersebut tidak menghasilkan peningkatan penjualan seperti sebelumnya, sementara yang lain percaya bahwa serangkaian kontroversi Tesla dan pemotongan harga baru-baru ini mungkin menjadi faktor penyebabnya.

Turun Harga Signifikan

Alih-alih mengandalkan referensi, Tesla kini menjadi berita utama dengan serangkaian penurunan harga yang signifikan pada Model Y, Model S, dan Model X.

EV Tesla yang paling populer, Model Y , baru saja mengalami penurunan harga yang signifikan sebesar $2.000 di semua versinya. Model penggerak roda belakang sekarang mulai dengan harga $42.990 yang menarik, yang menempatkan Model Y ke dalam wilayah "$35k EV" setelah kredit pajak. Penggemar Tesla yang mencari pengalaman mewah juga akan senang mengetahui bahwa Model S dan Model X premium juga telah menerima diskon $2.000.

Pemotongan harga ini terjadi setelah beberapa bulan yang sulit bagi Tesla. Merek tersebut baru-baru ini mengalami angka penjualan yang mengecewakan, peningkatan tingkat persediaan, dan beberapa publisitas negatif. Penurunan harga tampaknya strategis untuk meningkatkan permintaan dan mengatasi tantangan tersebut.

Menariknya, Model 3 yang populer, yang baru-baru ini mendapat facelift, tetap mempertahankan harganya saat ini. Namun, Tesla memang memperkenalkan opsi sewa yang lebih terjangkau bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas.

Dalam waktu singkat, perusahaan ini menjadi terkenal karena seringnya melakukan penyesuaian harga. Menemukan waktu yang 'tepat' untuk membeli Tesla berikutnya adalah pertaruhan nyata. Penurunan harga Model Y sangat menggiurkan, terutama dengan potensi kredit pajak federal.

Tapi apakah harga akan naik atau turun ke depannya? Ditunggu saja kabar kelanjutannya!

Tag

Rizuki

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.