Kantor Arm Holdings. (Foto: investopedia.com)

Arm SoftBank Berencana Produksi Chip AI Tahun 2025

Teknologi 13 Mei 2024

Anak perusahaan konglomerat SoftBank, Arm Holdings, dikabarkan akan mengembangkan chip AI (kecerdasan buatan) untuk produksi tahun depan.

SoftBank Targetkan Jadi Pemain Besar Industri AI

Dilansir dari Nikkei, langkah ini merupakan bagian dari upaya CEO SoftBank Group Masayoshi Son untuk mengubah SoftBank menjadi pemain utama di industri AI. Son memiliki rencana investasi sebanyak 10 triliun yen untuk riset dan pengembangan chip AI, pusat data, dan teknologi baru lainnya.

CEO SoftBank, Masayoshi Son. (Foto: menabytes.com)

Apa Itu Chip AI?

Menurut AP News, chip AI umumnya digunakan sebagai prosesor komputer untuk menangani pekerjaan sistem AI yang komputer konvensional tidak sanggup untuk lakukan.

Saat ini, pemasok terbesar chip untuk sistem AI adalah Nvidia. Perusahaan ini juga terbantu oleh Taiwan Semiconductor Manufacturing Corp. dan Samsung Electronics untuk proses produksi.

Produksi Chip AI Arm Holdings Dimulai Tahun Depan

Arm Holdings bertanggung jawab atas pengembangan chip AI. Rencananya, prototipe chip tersebut akan rilis pada musim semi 2025. Produksi massal diperkirakan mulai musim gugur 2025 dan akan dilakukan oleh produsen kontrak.

Sementara itu, SoftBank telah bernegosiasi dengan Taiwan Semiconductor Manufacturing Corp. untuk mengamankan proses produksi.

Tentang Arm Holdings dan SoftBank

Arm Holdings merupakan produsen chip komputer asal Inggris. Saat ini, Arm Holdings memasok desain sirkuit ke Nvidia dan pengembang chip lainnya. Arm Holdings mengendalikan 90% pasar desain sirkuit prosesor untuk smartphone.

SoftBank, konglomerat dari Jepang, mengakuisisi Arm Holdings pada September 2016. Saat ini, SoftBank memegang 90% saham Arm Holdings.

Tag

Aqila Shafa Arimurti

Pianis, gitaris, bassist, komposer musik gim, fotografer, dan content writer.