Potret Beberapa Artis Universal Music (kiri-kanan): Taylor Swift, Billie Eilish, Justin Bieber, Harry Styles. (Sumber: Forbes)

Asik! Universal Music Group Jalin Kerjasama dengan TikTok, Lagu yang Dicabut Kembali Masuk

Pop Kultur 3 Mei 2024

Kabar baik bagi fans Taylor Swift, Billie Eilish, Justin Bieber, dan artis Universal Music lainnya, karena lagu Universal Music akan kembali masuk TikTok!

Rabu (1/5) waktu Pasifik, Universal Music Group (UMG) umumkan kerjasama dengan TikTok melalui situs resmi UMG.

Sebelumnya, lagu Universal Music sempat ditarik dari TikTok pada Maret 2024 karena kedua pihak gagal untuk sepakat mengenai pembayaran artis, penggunaan AI (kecerdasan buatan) dalam musik, dan keamanan aplikasi saat berencana untuk memperbarui kontrak lisensi lagu yang akan kadaluarsa.

Dalam liputan oleh Rolling Stone, beberapa artis Universal Music mengutarakan kekecewaan mereka karena tidak bisa menggunakan atau mempromosikan lagu sendiri di TikTok, aplikasi yang memiliki audiens yang masif di Amerika Serikat.

Menguntungkan Semua Pihak yang Terlibat

Menurut pernyataan UMG, Sir Lucian Grange, CEO UMG, mengatakan bahwa kerjasama ini akan berfokus ke kesejahteraan komunitas kreatif.

CEO TikTok Shou Chew mengapresiasi kerjasama ini dan berjanji untuk memberikan dukungan bagi artis UMG agar dapat berkembang dan berinteraksi dengan komunitas TikTok.

Fitur baru dari TikTok seperti "Add to Music" diharapkan dapat membantu para artis untuk mendapatkan royalti yang lebih adil serta memaksimalkan TikTok sebagai alat pemasaran.

Tindakan Keras Untuk Musik AI Ilegal

Aplikasi TikTok memiliki fitur "AI Song" yang membuat lagu dengan AI sesuai dengan teks input dari pengguna.

Namun, alat ini terkadang disalahgunakan untuk 'membuat' lagu dengan suara vokalis atau instrumental yang memiliki hak cipta, seperti cover AI lagu "Fukashigi no Carte" yang 'dinyanyikan' oleh Ye (Kanye West), Drake, dan Kendrick Lamar. Cover tersebut sempat viral di TikTok.

Menjawab permasalahan ini, UMG dan TikTok juga akan membahas inisiatif untuk membasmi musik ilegal yang dibuat dengan AI.

Sekilas tentang Universal Music Group

Universal Music Group merupakan konglomerat yang menaungi berbagai label di seluruh dunia termasuk Def Jam, Capitol Music Group, Island Records, EMI Records, dan masih banyak lagi.

Lagu Universal Music Group mencakup sekitar 30% dari seluruh katalog musik di TikTok.

Tag

Aqila Shafa Arimurti

Pianis, gitaris, bassist, komposer musik gim, fotografer, dan content writer.