Australia Umumkan Akan Matikan Jaringan 3G

Teknologi 15 Mei 2024

Otoritas Komunikasi dan Media Australia (ACMA) pada hari Rabu (15/5) mengumumkan bahwa mereka akan menutup jaringan 3G sepenuhnya. Meskipun TPG Telecom (juga dikenal sebagai Vodafone) telah mematikan jaringannya, dua operator lain berencana melakukannya dalam 3,5 bulan ke depan.

Sebagaimana dilansir dari GSM Arena, dalam sebuah pernyataan singkat di situsnya, regulator menyatakan bahwa Telstra dan Optus akan mematikan jaringan seluler 3G mereka pada tahun 2024. Telstra dijadwalkan untuk menonaktifkan jaringannya pada 31 Agustus, dan Optus akan menyusul pada hari-hari berikutnya. ACMA mengingatkan pengguna perangkat 3G bahwa ponselnya tidak lagi dapat mengirim pesan atau menelepon, termasuk ke nomor darurat 000 (Triple Zero).

Mereka yang memiliki perangkat 4G dan masih melakukan panggilan suara melalui jaringan 3G (yaitu ponsel yang tidak mendukung VoLTE) juga akan terpengaruh. Mereka disarankan untuk menghubungi operator mereka untuk instruksi lebih lanjut. Menurut ACMA, sebagian besar perangkat yang berisiko adalah ponsel 4G lama yang dibeli di luar negeri.

Asosiasi Telekomunikasi Seluler Australia (AMTA) menekankan bahwa semua perangkat 3G, tidak hanya telepon, akan terpengaruh. Ini termasuk tablet, jam tangan pintar, mesin EFTPOS (terminal kartu), alarm medis, dan solusi tanggap darurat pribadi lainnya.

AMTA mendesak pengguna untuk mengambil tindakan sekarang dan bermigrasi ke solusi yang lebih baru untuk mencegah gangguan layanan. Selain itu, ada program resmi untuk mendaur ulang ponsel lama secara gratis yang mau tidak mau harus dibuang setelah jaringan 3G dimatikan.

Tag

Visio

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.