Ilustrasi seorang gamers sedang bermain gim di PC (Foto: Canva)

Bikin Lebih Seru dan Berkesan, Ini Rekomendasi 3 Gim Co-Op Online yang Cocok untuk Mabar!

Gaming 16 Mei 2024

Bermain gim online merupakan aktivitas yang menyenangkan, baik itu dilakukan seorang diri maupun bersama teman. Istilah 'mabar' yang berarti 'main bareng', juga muncul karena menjamurnya kebiasaan main gim co-op online.

MedForSquad punya rekomendasi tiga gim co-op, yakni Lethal Company, Party Animals, dan Pico Park. Ketiga gim ini pastinya seru dan dapat memberikan pengalaman mabar yang mengesankan.

Penasaran seperti apa gim-gim tersebut? Simak pembahasan berikut, ya!

Lethal Company

Rekomendasi pertama yakni pemenang Steam Awards 2023 kategori Best With Friends, Lethal Company. Gim ini memiliki latar di luar angkasa, bertema horor dan sci-fi yang dibalut dengan intrik komedi penuh kejutan.

Premis gim ini sangat sederhana. Pemain mengunjungi 'moons' untuk mengumpulkan barang-barang di bangunan terbengkalai dan harus bisa memenuhi kuota yang akan terus bertambah setiap berhasil memenuhi satu siklus gim.

Tantangannya, datang dari variasi monster yang bersembunyi di dalam bangunan tersebut. Karakteristik dari setiap monster pun berbeda dan kemunculannya tidak terprediksi.

Jika seluruh pemain habis terbunuh para monster, maka barang-barang yang sudah terkumpul juga ikut lenyap. Di sinilah pesona keseruan Lethal Company. Premis yang sederhana, namun penuh tantangan dan kejutan.

Video permainan Lethal Company (Video: Channel YouTube Daukey)

Kehadiran fitur in-game proximity chat yang membuat pemain hanya bisa berkomunikasi jika berdekatan, serta tampilan kamera secara first person view, meningkatkan ketegangan ketika bermain gim ini.

Lethal Company bisa dibeli di Steam dengan harga terjangkau dan tidak perlu PC dengan spek tinggi untuk memainkan gim ini.

Party Animals

Jika hanya melihat judulnya saja, mungkin terkesan sebagai gim yang menghadirkan keseruan layaknya sedang berpesta. Namun, tidak dengan Party Animals. ini, adalah gim player vs player dengan mekanisme adu jotos.

Gamer bisa melakukan online co-op dengan mengundang teman atau komunitas secara privat ataupun ikut di server terbuka. Keunikan gim ini terletak di desain karakternya berupa binatang-binatang yang sangat menggemaskan.

Trailer Party Animals (Video: YouTube Xbox)

Party Animals mirip dengan gim yang bernama gang beats. Namun hal pembeda selain karakter binatangnya, ada di keberagaman mode bermain serta para pemain bisa menggunakan senjata ketika bertarung.

Untuk pengalaman co-op yang lebih seru dan menghibur, kami sarankan untuk terkoneksi lewat Discord voice chat. Jadi, MedForians bisa berinteraksi dan mendengarkan reaksi teman-teman kalian ketika bermain secara langsung.

Jika ingin memainkannya, bisa mengunjungi laman Steam nya ataupun dengan berlangganan Xbox Game Pass.

Pico Park

Kalau tidak suka gim horor maupun gim bertarung, MedForians bisa coba Pico Park. Namun, kemahiran menyelesaikan puzzle, ketangkasan dalam bermain, dan kerjasama tim yang baik menjadi poin krusial di gim ini.

Pico Park merupakan gim puzzle dengan grafis pixel yang menguji kerjasama MedForians dan tim. Ada berbagai level yang harus dilalui, dan setiap tingkat tentunya menawarkan rintangan dan kesulitan yang berbeda.

Video permainan Pico Park (Video: Channel YouTube Dish)

Memang alur permainan tidak setegang Lethal Company yang gelap dan dikejar-kejar monster, ataupun sericuh party animals. Akan tetapi, gim ini dapat memberikan chaos nya sendiri apalagi jika pemain kesulitan untuk menyelesaikan rintangan di salah satu stage.

Pico Park bisa dimainkan bersama 2-8 orang secara online. Baik dengan PC ataupun dengan Nintendo Switch. Namun sayangnya, gim ini belum memiliki fitur cross-platform.

Jika tertarik, MedForians bisa mengunjungi laman Steam Pico Park atau beli di Nintendo Store bila ingin bermain menggunakan Switch.

Itulah rekomendasi tiga gim co-op online dari kami. Semoga bisa membuat waktu mabar kamu dan teman-teman jadi lebih menyenangkan, ya!

Tag