Ilustrasi Resmi game Break My CaseSumber: Situs Resmi

Break My Case, Otome Game Besutan Developer 'Mahoyaku' Akhirnya Rilis!

Gaming 12 Mei 2024

Setelah menunggu berbulan-bulan, akhirnya penggemar game joseimuke di Jepang bisa memainkan mobile game besutan Studio Coly berjudul Break My Case ini. Sebelum ini, Studio Coly telah mengembangkan berbagai otome game yang sukses menarik hati berjuta-juta orang, seperti Stand My Heroes yang telah mendapatkan adaptasi anime, dan Mahoutsukai no Yakusoku yang telah mencapai 300 ribu pengikut di X (dulunya Twitter).

Karakter desain game ini digarap oleh Utako Yukihiro, ilustrator yang telah mendesain karakter untuk media-media populer seperti B-Project dan Devils and Realist. Tak hanya itu, berbagai pengisi suara ternama juga turut terlibat dalam game ini, seperti Yoshitsugu Matsuoka (Sword Art Online, Starmyu), Jun Fukuyama (Code Geass, xxxHOLiC), dan masih banyak lagi.

Plot dan Gameplay

Video promosional game Break My Case. Sumber: Kanal YouTube Resmi

Aporia: café-bar di siang hari, agensi di malam hari. Ketika café sudah tutup dan hari menjelang malam, Aporia memberikan jasa yang santai dan nyama pada klien-klien terpilih.

Pekerjaan apapun yang diajukan oleh klien-klien tersebut akan mereka ambil untuk diteruskan ke departemen yang sesuai. Sebagai karakter utama, takdir akan membawa pemain ke Aporia untuk menjadi representatif, di mana pemain dapat menghabiskan hari-harinya dan mengenal tiap staf di Aporia lebih jauh.

Gambar screenshot 2
Groove Match Puzzle, salah satu mode gameplay Break My Case. Sumber: Google Play Store

Seperti game puzzle pada umumnya, Groove Match Puzzle di Break My Case mengharuskan pemain untuk mencocokkan warna yang sama dengan memindahkan satu warna ke blok yang sesuai. Sebelum permainan dimulai, pemain juga bisa memilih BGM yang mereka inginkan untuk pengalaman bermain yang imersif dan mengasyikkan.

Selain itu, Break My Case juga memiliki mode permainan Snap N'Spin, di mana pemain dapat menekan tombol untuk memilih staf dari Aporia secara acak. Jika kamu beruntung, kamu akan bisa melihat tingkah laku random-nya dengan staf lain dalam art style chibi.

Sebuah otome game tentunya tidak lengkap tanpa mode cerita. Di Break My Case, pemain dapat mengikuti petualangan antara karakter utama dan para staf Aporia yang unik. Kecuali dialog karakter heroine, semua dialog di Break My Case akan disuarakan oleh pengisi suara karakter masing-masing. Tiap karakter juga akan dianimasikan dengan Live2D.

Departemen dan Staf Utamanya

Gambar screenshot 8
Karakter-karakter utama Break My Case beserta pengisi suaranya. Sumber: Google Play Store

Departemen di Aporia dibagi menjadi enam, di mana setiap departemen memiliki tugas dan staf yang berbeda. Keenam departemen ini memiliki staf utamanya masing-masing, di antaranya:

Ai Kosaka, Main Office

Image
Ai Kosaka, staf utama Main Office di Break My Case. Sumber: Sosial Media Resmi

Sebagai staf utama di Main Office, Ai Kosaka memiliki berbagai macam tugas, dari merancang rencana bisnis hingga memesan suplai barang.

Disuarai oleh Makoto Furukawa (One Punch Man, Honkai Star Rail), ia adalah seorang perfeksionis yang selalu berpikir logis dan teguh pada pendiriannya. Selain dirinya, Main Office juga memiliki staf bernama Yuzuru Kise dan Roka Suoh.

Kou Ayato, Simulation Department

Image
Kou Ayato, staf utama Simulation Department di Break My Case. Sumber: Sosial Media Resmi

Simulation Department menerima tugas-tugas yang berkaitan dengan akting, di mana stafnya dapat menjadi pacar, teman, ataupun keluarga klien asal hubungan tersebut merupakan hubungan yang sehat.

Disuarai oleh Kishou Taniyama (Attack on Titan, Bungou Stray Dogs), Kou Ayato adalah seseorang yang mudah bergaul dan melakukan apapun dengan kehendaknya sendiri, yang membuatnya populer di kalangan wanita. Di Simulation Department, ia ditemani oleh Mao Ukyo, Akehoshi Hinomiya, dan Yuragi Kanno.

Taiga Tsukimoto, Administrative Department

Image
Kou Ayato, staf utama Administrative Department di Break My Case. Sumber: Sosial Media Resmi

Administrative Department bertugas untuk mendukung dan mengelola berbagai hal, seperti informasi klien dan akun sosial media Aporia.

Disuarai oleh Kentaro Kumagai (Dungeon Meshi, A3!), Taiga Tsukimoto adalah seseorang yang bertanggung jawab dan peduli, seakan-akan ia adalah "ibu" dari Administrative Department. Bersama Haruhi Ichikawa dan Sei Okiya, ia akan mendukung Aporia sebisa mungkin.

Shizuka Fushimi, Watchdog Department

Image
Shizuka Fushimi, staf utama Watchdog Department di Break My Case. Sumber: Sosial Media Resmi

Jika ada jasa yang memerlukan tenaga fisik, seperti perkelahian ataupun penangkapan, Watchdog Department akan langsung membantu. Departemen ini juga akan mengawal departemen lain dalam menjalankan tugasnya.

Disuarai oleh Yoshitsugu Matsuoka (Food Wars, Super Lovers), Shizuka Fushimi adalah seorang pemimpin yang menyukai struktur dan ketenangan, yang membuatnya tidak suka bersosialisasi dengan orang lain. Selain dirinya, Watchdog Department juga beranggotakan Takeru Mikado, Soyogu Shinkai, dan Shinobu Aizawa.

Kiho Arima, Negotiation Department

Image
Kiho Arima, staf utama Negotiation Department di Break My Case. Sumber: Sosial Media Resmi

Jika ada tugas yang tak bisa dilakukan oleh Simulation Department karena kesulitan ataupun bahayanya, Negotiation Department akan melakukan tugas tersebut. Mereka juga bertugas penting dalam human resources, seperti menyeleksi klien baru maupun mencari staf baru bagi Aporia.

Disuarai oleh Takuya Sato (Moriarty the Patriot, IDOLISH7), Kiho Arima adalah seorang fortune teller yang bersikap sopan dan memiliki aura yang unik. Negotiation Department juga memiliki dua staf lain, yakni Kyoya Shido dan Riku Tateshina.

Tomose Onda, ST Department

Image
Tomose Onda, staf utama ST Department di Break My Case. Sumber: Sosial Media Resmi

Seperti Negotiation Department yang menggantikan Simulation Department bila tugasnya terlalu sulit, ST Department juga melakukan hal yang sama pada Watchdog Department. Mereka bertugas untuk memberikan keamanan pribadi bagi para klien, serta melakukan kegiatan di balik layar seperti memasak dan bersih-bersih untuk Aporia.

Disuarai oleh Yuusuke Kobayashi (Dr. Stone, Paradox Live), Tomose Onda cenderung dianggap dingin dan terlalu terang-terangan, padahal ia juga memiliki sisi yang romantis dan lugu. ST Department juga memiliki beberapa staf lain, yakni Yu Nina, Kamiya, dan Urara Manami.

Mau Download, Dong!

Sayangnya, pada saat ini, game ini hanya tersedia di Jepang. Tetapi, dengan banyaknya mobile game Jepang yang rilis secara global, tentu tidak menutup kemungkinan bahwa game ini juga akan tersedia di seluruh dunia pada waktu dekat.

Bagi MedForians yang sedang berada di Jepang, kalian bisa mengunduh game ini melalui Play Store dan App Store. MedForians juga bisa mengikuti akun sosial media Break My Case untuk mendapatkan informasi terbaru, seperti X, YouTube, dan TikTok.

Kategori: Gaming

Tag

Putra

Penggemar anime, K-Pop, dan teknologi.