Comic Frontier 18 Kembali Jadi Wadah Berkarya bagi Para Kreator Doujinshi

Event 9 Mei 2024

Ajang pameran Doujin (karya independen) Comic Frontier 18 siap menyambut kembali para kreator independen dan penggemar budaya pop. Acara ini diadakan pada hari Sabtu & Minggu, tanggal 11-12 Mei 2024. Gelaran pameran kreatif ini akan diadakan bertempat di Hall 7-10 ICE BSD, Pagedangan, Tangerang.

Menyelami Dunia Doujinshi di Comic Frontier 18

Comifuro (singkatan dari Comic Frontier) adalah acara yang menjadi wadah kreasi bagi para Doujinshi. Doujinshi adalah istilah bahasa Jepang yang berarti "karya yang diterbitkan sendiri,". Para Doujinshi Artist, umumnya bekerja secara kolektif dalam grup yang disebut Circle. Adanya kesamaan minat terhadap suatu jenis karya menjadi motivasi pendorong berkumpulnya para Circle yang berpartisipasi di acara ini. 

Karya yang dibuat oleh para Circle di Comic Frontier 18 juga cukup beragam. Mulai dari komik, ilustrasi, novel, musik, virtual content, hingga game dan animasi semua bisa ditemukan di acara ini. Sebagian besar Circle yang tergabung terlibat dalam pembuatan karya derivatif dari suatu fandom tertentu. Namun tidak sedikit juga yang membuat karya dari IP (Intellectual Property) orisinil mereka masing-masing.

Daftar ribuan karya Doujin yang dipamerkan dalam acara ini bisa dilihat melalui katalog online dengan tautan https://catalog.comifuro.net/ . Katalog ini menyediakan daftar lengkap Circle Doujinshi yang berpartisipasi serta jenis karya yang mereka buat. Dengan informasi ini, pengunjung dapat dengan mudah menemukan Doujin yang sesuai dengan minatnya.

Cakupan Area Comic Frontier 18

Acara Comifuro diadakan pada 4 (empat) Hall dari Hall 7 sampai Hall 10 ICE BSD. Masing-masing hall ini dibagi menjadi beberapa area khusus. Pengunjung akan masuk ke area Comic Frontier 18 melalui Hall 10 yang menjadi Area Corporate. Setelah itu memasuki Hall 8-9 pengunjung akan disambut dengan Area Circle Market. Di Hall 7, berbagai acara utama diselenggarakan di area Main Stage.

Corporate & Community Area di Hall 10

Hall 10 akan menjadi area untuk Corporate Booth dan tempat komunitas pop kultur berkumpul. Ada berbagai perusahaan yang bergerak di bidang industri kreatif terlibat untuk hadir di acara ini. Mulai dari studio kreatif, toko hobi, hingga developer video game tanah air ikut serta dalam acara ini.

Salah satu destinasi utama dalam area ini adalah area Bushiroad Expo. Area ini menampilkan berbagai produk dan karya dari produsen IP ternama asal Jepang yaitu Bushiroad. Tidak hanya menampilkan produk saja, Bushiroad Expo juga turut menghadirkan bintang tamu dari Jepang. Mulai dari pengisi suara anime hingga illustrator untuk Trading Card Game akan meramaikan area ini.

Selain mengunjungi pameran kreatif dari para Corporate Booth, pengunjung juga bisa bertemu dengan para komunitas di Hall 10. Beragam komunitas ikut berpartisipasi di acara ini mulai dari komunitas komik, game, hingga komunitas pengamat transportasi. Pengunjung juga bisa unjuk diri dalam berbagai kegiatan yang diadakan di Activity Stage Hall 10.

Area Circle Market di Hall 8-9

Area Utama Circle Market berada di Hall 8-9 menjadi tempat untuk para Circle Doujinshi yang hadir untuk menampilkan karya kreatif mereka. Tidak hanya kreator tanah air saja, beberapa kreator Doujinshi dari luar negeri juga hadir di Comic Frontier 18. Jenis karya yang dijual juga beragam mulai dari produk derivatif fandom tertentu, hingga IP dan karya original buatan para kreator independen.

Kegiatan transaksi di area ini berlangsung pada jam 09:30 hingga 17:00 WIB. Demi menjaga keamanan dan kenyamanan, pengunjung tidak diperbolehkan berkerumun hingga menutupi akses jalan di area ini. Peraturan ini berlaku juga untuk Cosplayer yang dilarang melakukan sesi pemotretan Cosplay serta gathering di area ini.

Area Main Stage di Hall 7

Para kreator terpilih hingga bintang tamu dari dalam dan luar negeri hadir meramaikan Comic Frontier 18 di Main Stage. Area Main Stage berada di Hall 7 ICE BSD yang menjadi area paling ujung dari acara ini. Di sinilah para bintang tamu utama tampil menemui para penggemarnya mulai dari komikus, pengisi suara, musisi, hingga VTuber (Virtual YouTuber).

Kegiatan diskusi panel yang menjadi wadah diskursus bagi komunitas serta pengamat budaya pop kembali diadakan. Berbeda dari Comic Frontier sebelumnya, diskusi panel di Comifuro 18 diadakan di ruangan terpisah. Ruangan ini berada di Counter Tiket Hall 7 yang berada tidak jauh dari panggung utama. Diskusi ini bisa diikuti untuk pengunjung umum yang akan membahas berbagai topik seputar budaya pop.

Selain menjadi area Main Stage di Hall 7 ini pengunjung juga bisa beristirahat untuk makan dan minum di F&B Area. Tidak hanya itu, pengunjung serta Cosplayer juga bisa menggunakan ruang ganti dan penitipan barang yang ada di area ini. 

Disediakan Shuttle Bus GRATIS Untuk Pengunjung

Untuk mengakomodasi pengunjung yang menghadiri acara ini, Comic Frontier 18 menyediakan armada bus. Armada bus ini difungsikan sebagai Shuttle Bus dengan rute Terminal Intermoda Cisauk - Hall 10 ICE BSD (Pulang Pergi). Pengunjung bisa menggunakan Shuttle Bus ini secara GRATIS. Waktu operasional Shuttle Bus ini dimulai pada jam 07:00 WIB hingga jam 20:00 WIB. Shuttle Bus ini bisa digunakan oleh pengunjung dengan mengakses Terminal Intermoda Cisauk yang terhubung dengan Stasiun KRL Cisauk.

Pembelian Tiket Secara Online

Pembelian tiket Comic Frontier 18 bisa dibeli secara online. Harga tiket masuk dijual sebesar Rp75.000 (belum termasuk biaya platform dan biaya transaksi). Tiket bisa dibeli melalui platform Ticket 2 U dengan mengakses tautan berikut:

Pengunjung disarankan melakukan pembelian tiket sebelum hadir ke venue. Pada saat acara berlangsung tidak ada pembelian tiket secara langsung di loket tiket. Loket tiket yang ada di area acara difungsikan sebagai titik penukaran tiket. 

Seluruh pembelian tiket dilakukan secara online melalui Ticket 2 U hingga acara berakhir dan selama persediaan masih ada. Setelah melakukan pembelian, harap simpan QR Code yang diterima untuk mempermudah proses penukaran tiket di hari acara. Waktu penukaran tiket dimulai pada jam 09:00 WIB di hari Sabtu dan Minggu, 11 dan 12 Mei 2024.

Sekilas Tentang Comic Frontier 

Comic Frontier merupakan perhelatan pasar kreatif yang telah diselenggarakan sejak 2012. Ketika pertama kali diselenggarakan Comic Frontier hanya menampung 35 lingkar kreatif untuk bergabung. Seiring berjalannya waktu dan pertumbuhan industri kreatif di Indonesia, Comic Frontier telah menjadi sebuah gerakan kreatif yang mampu menghimpun ratusan kreator dalam satu acara.

Perhelatan ini diselenggarakan dengan harapan agar Comic Frontier bisa menjadi sebuah acara yang memberikan ruang baru kebebasan berekspresi dalam industri kreatif tanpa adanya batasan stigma dari masyarakat. Comic Frontier juga diharapkan mampu menjadi penggerak industri kreatif Indonesia dengan menghimpun berbagai kalangan mulai dari kreator independen, komunitas, hingga kreator profesional.

Tag

Visio

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.