Sumber Foto: NBC News

Cynthia McFadden, Presenter Veteran NBC News Resmi Keluar

Media 19 Mei 2024

Cynthia McFadden, presenter veteran berita TV yang kariernya telah membawanya terkenal dari menjadi pembawa berita bersama ABC News 'Nightline' hingga menjadi senior di tim investigasi NBC News, dikabarkan resmi keluar dan menjauh dari jurnalisme penyiaran.

“Sulit untuk meninggalkan pekerjaan yang Anda sukai, tetapi ini adalah waktu yang tepat, saya memiliki daftar hal-hal yang sering saya katakan ingin saya lakukan 'suatu hari nanti'. Ya, suatu hari nanti, ketika saya masih bersemangat untuk pergi dan bermain dengan dek yang relatif penuh,” kata McFadden dalam sebuah catatan kepada rekan-rekannya pada hari Jumat (17/5) lalu sebagaimana dikutip dari Variety, Minggu (19/5).

Pekerjaannya di NBC News telah membawa koresponden veteran itu ke Afrika Tengah untuk melaporkan krisis kemanusiaan ke Camp Lejeune, di mana dia menyelidiki mengapa veteran Marinir AS serta istri dan anak perempuannya yang ditempatkan di fasilitas pelatihan North Carolina kehilangan bayi setelah terkena air beracun. Laporan khusus berdurasi satu jam tentang topik tersebut muncul minggu lalu di layanan streaming langsung NBC News Now.

Karir panjang McFadden

Selama tiga dekade karirnya, McFadden telah mampu melakukan perjalanan keliling dunia untuk menyelidiki krisis kemanusiaan dan perbudakan manusia serta untuk mengeksplorasi isu-isu keadilan dan keamanan nasional.

Dia bergabung dengan ABC News pada bulan Februari 1994 sebagai koresponden hukum setelah bertugas sebagai produser eksekutif seminar Media dan Masyarakat Fred Friendly yang berbasis di Sekolah Pascasarjana Jurnalisme Universitas Columbia.

Pada bulan Oktober 2005, dia ditunjuk sebagai pembawa acara “Nightline” setelah Ted Koppel mengundurkan diri dari tugas pendiriannya sebagai wajah ikon program tersebut. McFadden kadang-kadang menggantikannya dan mengambil alih kendali program berita larut malam karena program tersebut berupaya mengikuti audiens modern dan terkadang membahas topik gaya hidup dan wawancara selebriti. Dia juga meliput kasus hukum menarik yang melibatkan OJ Simpson dan Martha Stewart.

NBC sempat menawarinya kesempatan untuk membahas topik yang lebih besar, namun ia tolak secara halus.

“Merupakan keputusan besar untuk meninggalkan ABC setelah 20 tahun - melepaskan kursi pembawa berita 'Nightline' dan memulai perjalanan. Namun peluang di NBC untuk menggali lebih dalam beberapa masalah paling kompleks di dunia terlalu bagus untuk ditolak,” kata McFadden dalam catatannya.

“Saya sangat senang saya mengambil lompatan ini. Tahun-tahun ini merupakan tahun-tahun yang paling memuaskan dan produktif dalam karir yang panjang. NBC mendorong saya untuk menceritakan kisah-kisah yang kompleks dan penuh nuansa, sering kali tentang ketidakadilan dan korupsi, terutama tentang masalah yang dihadapi anak-anak, mulai dari pedesaan Mississippi hingga Segitiga Kematian di Republik Afrika Tengah, dari reservasi Red Cloud hingga tambang mika di Madagaskar dan Afrika. Ibu dari Kamp Lejeune. Dari Arktik Amerika dan kamp-kamp Rohingya, hingga tambang emas Peru dan gang kanker. Terkadang cerita tersebut mengarah pada dengar pendapat, investigasi federal, atau perubahan kebijakan. Terkadang kami mampu memberikan suara kepada seseorang yang belum pernah memilikinya.”

Karyanya selama bertahun-tahun telah berkali-kali mendapatkan Peabody Award, Emmy, dan Loeb Award.

Tag

Visio

Hanya seorang eks budak korporat yang menyukai game, manga, anime.