Comic Frontier 18 Hadirkan Berbagai Fasilitas dan Sarana Penunjang, Apa Saja?

Event 9 Mei 2024

Para kreator Doujinshi (kreator karya independen) dan penggemar pop kultur segera kembali bertemu dalam perhelatan Comic Frontier 18. Acara yang juga dikenal sebagai Comifuro 18 ini diadakan pada 11-12 Mei 2024 bertempat di Hall 7-10 ICE BSD, Pagedangan, Tangerang. Diadakan sebagai wadah ekspresi bagi para komunitas dan kreator independen, berbagai sarana penunjang telah disiapkan untuk menyambut acara ini.

Shuttle Bus Gratis untuk Seluruh Peserta Comic Frontier 18

Sejak tahun 2022, gelaran Comic Frontier diselenggarakan di ICE BSD yang berada di wilayah Pagedangan, Tangerang. Titik transportasi umum yang terdekat dari lokasi acara ini adalah Stasiun KRL Cisauk (bagian dari rangkaian KRL jalur Tanah Abang-Rangkasbitung). Untuk menghubungkan Stasiun Cisauk dengan lokasi acara yang berjarak hampir 4km, Comifuro menyediakan armada Shuttle Bus.

Armada Shuttle Bus ini bisa digunakan secara Gratis tanpa biaya apapun untuk seluruh peserta acara Comic Frontier. Baik pengunjung, Circle (sebutan untuk kelompok Doujinshi), hingga cosplayer, semua bisa menggunakan bus ini secara Gratis. Rute yang ditempuh oleh Shuttle Bus ini adalah Terminal Intermoda Cisauk hingga Hall 10 ICE BSD. 

Terminal Intermoda Cisauk dipilih sebagai titik rute karena terminal ini terintegrasi langsung dengan Stasiun KRL Cisauk. Peserta Comic Frontier bisa menggunakan moda transportasi KRL menuju Stasiun Cisauk. Setibanya di Stasiun Cisauk, peserta bisa langsung beranjak menuju Terminal Intermoda untuk menaiki Shuttle Bus yang telah disediakan.

Titik pemberhentian di lokasi acara berada di Outdoor Parking Hall 10 ICE BSD. Lokasi ini dipilih sebagai tempat terdekat dengan jalur penukaran tiket. Bagi para peserta Circle juga bisa menuju tempat akses masuk exhibitor dari titik pemberhentian ini.

Operasi Shuttle Bus ini tidak hanya mengantarkan pengunjung yang hendak datang ke Comic Frontier saja. Pengunjung yang hendak kembali pulang dari Comic Frontier menggunakan KRL juga bisa menggunakan Shuttle Bus ini. Rute tempuh Shuttle Bus ini melayani Pulang-Pergi antara Terminal Intermoda Cisauk dan Hall 10 ICE BSD. Armada Shuttle Bus ini beroperasi mulai dari jam 07:00 pagi hingga 20:00 malam di hari Sabtu & Minggu, 11-12 Mei 2024.

Sarana Penunjang untuk Cosplayer

Menghadiri acara seperti Comic Frontier 18 tentu tidak lepas dari kegiatan Cosplay (Costume Play). Untuk mengakomodasi para Cosplayer di acara ini, Comifuro menyiapkan berbagai sarana penunjang. Mulai dari area khusus Cosplay hingga ruang ganti bisa digunakan selama acara berlangsung.

Area Khusus Cosplay

Cosplay adalah bagian yang tidak terlupakan dari gelaran acara budaya pop kreatif. Untuk mewadahi kegiatan cosplay, Comifuro 18 menyediakan area khusus Cosplay. Ada dua area Cosplay yang disediakan yaitu Area Cosplay Indoor dan Outdoor.

Area Cosplay Indoor akan ditempatkan di Hall 10 (area Corporate) serta Hall 7 (area Main Stage). Sedangkan Area Cosplay Outdoor berada di taman yang berada di depan Hall 7-10 ICE BSD. Area Loading Dock di Hall 9 juga difungsikan sebagai Area Cosplay Outdoor.

Area ini disediakan sebagai ruang ekspresi bagi para Cosplayer yang lebih leluasa. Dengan adanya area khusus ini, diharapkan kegiatan Cosplay tidak mengganggu kegiatan di Area Circle Market.

Ruang Ganti

Fasilitas ruang ganti juga disiapkan oleh Comic Frontier untuk para pengunjung. Ruang ganti yang terletak di area Hall 7 ini bisa digunakan oleh Cosplayer maupun pengunjung umum. Waktu operasional fasilitas ini dibuka mengikuti jadwal kegiatan acara Comifuro 18.

Penggunaan ruang ganti ini dikenakan biaya tambahan sebesar Rp10.000 untuk 1 (satu) kali penggunaan. Bagi para Cosplayer yang hadir bersama asisten/helper diharuskan membayar biaya tambahan untuk asisten/helper tersebut. Dikarenakan fasilitas ini digunakan sebagai tempat untuk berganti pakaian, dokumentasi dalam bentuk apapun tidak diperbolehkan di dalam ruang ganti.

Dengan adanya fasilitas ruang ganti ini, para pengunjung dan Cosplayer diharapkan tidak melakukan kegiatan ganti pakaian di toilet. Toilet yang berada di dalam venue ICE BSD serta di area Comic Frontier 18 tidak diperbolehkan digunakan sebagai sarana ganti kostum.

Penitipan Barang

Saat menghadiri sebuah acara budaya pop, para Cosplayer seringkali membawa barang yang cukup banyak untuk properti kostumnya. Karena itu Comic Frontier 18 juga menyediakan fasilitas penitipan barang yang bisa digunakan pengunjung umum termasuk Cosplayer. Fasilitas ini berada di area Hall 7 tepat di depan ruang ganti.

Untuk menggunakan fasilitas ini, pengunjung dikenakan biaya tambahan sebesar Rp10.000 untuk barang ukuran kecil-menengah dan Rp20.000 untuk barang ukuran besar. Batasan barang ukuran kecil-menengah adalah totebag, ransel, maupun barang lain yang masih berukuran lebih kecil dibanding koper. Sedangkan tas ukuran besar meliputi koper serta kontainer.

Demi kemudahan dan kenyamanan, pengunjung yang hendak menggunakan fasilitas ini disarankan untuk menitipkan barangnya yang sudah tergabung dalam satu wadah. Hal ini diperlukan agar barang milik pengunjung tidak tercecer dan tertukar saat proses pengambilan kembali. Waktu operasional fasilitas ini mengikuti jadwal kegiatan acara Comifuro 18.

Titik Toilet dan Mushola Tambahan

Selain toilet yang tersedia di Hall 7-10 ICE BSD, Comic Frontier 18 juga menyiapkan beberapa titik toilet tambahan. Ada tiga titik toilet tambahan yang disediakan yaitu di Outdoor Parking Hall 10 dekat area ticketing, di belakang Loading Dock Hall 9, serta di depan area taman Hall 7. Sama seperti toilet di dalam Hall, toilet tambahan ini tidak boleh digunakan sebagai sarana ganti kostum cosplay.

Untuk peserta yang membutuhkan akses mushola bisa menggunakan dua mushola tambahan yang disediakan oleh Comifuro. Mushola tambahan ini ada di area Loading Dock Hall 9 serta area taman Hall 7. Kedua mushola tambahan ini dibangun berdekatan dengan toilet tambahan. 

Pengunjung juga bisa menggunakan mushola umum dari ICE yang berada di lantai 2 Nusantara Hall. Mushola ini bisa diakses dengan keluar dari area Comifuro terlebih dahulu, kemudian masuk menuju Nusantara Hall.

Sarana Medis

Bagi para peserta acara yang membutuhkan bantuan tenaga medis, Comic Frontier 18 juga menyiapkan sarana ruang medis dan unit ambulans. Ruang medis berada di Counter Ticket  Hall 9 serta Loading Dock Hall 9. Dua unit ambulans juga disediakan masing-masing berada di Loading Dock Hall 10 dan di area taman depan Hall 10.

Selain ruang medis dan ambulans, Comifuro 18 juga bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia untuk kegiatan donor darah. Kegiatan ini diadakan di Counter Ticket Hall 8 dengan pendaftaran secara online melalui aplikasi SIDONI. Merchandise official Comic Frontier bisa didapatkan secara gratis dengan mengikuti kegiatan ini.

Sarana Penunjang untuk Kenyamanan Semua

Pengadaan berbagai sarana penunjang ini diadakan oleh Comic Frontier untuk memberikan kenyamanan bagi seluruh peserta acara. Diharapkan para peserta bisa semakin lebih leluasa dalam melakukan berbagai kegiatan kreatif yang ada di acara ini.

Selama acara Comifuro 18 berlangsung, seluruh peserta dihimbau untuk selalu menjaga kesehatan tubuh. Kebutuhan perbekalan pribadi seperti obat-obatan, serta bekal makan dan minuman boleh dibawa masuk ke area acara. Untuk menghadapi kondisi cuaca ekstrim, peserta juga dihimbau mengenakan pakaian lengan panjang serta menyiapkan payung atau jas hujan.

Tag

Visio

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.