Cuplikan teaser terbaru. Foto: Gematsu

Dragon Quest III HD-2D Akan Rilis di PS5, Xbox Series, Switch, dan PC

Gaming 28 Mei 2024

Setelah menunggu tiga tahun, akhirnya terdapat info terbaru resmi dari Square Enix yang mengumumkan Dragon Quest III in HD-2D akan hadir di konsol PlayStation 5, Xbox Series, Switch, serta PC via Steam dan Microsoft Store pada Senin (27/5) kemarin.

Dilansir melalui Gematsu dan RPGamer, bersamaan dengan info tersebut, Square Enix juga merilis PV teaser terbaru Dragon Quest III HD-2D, bersamaan dengan perayaan hari anniversary ke-38 Dragon Quest.

Teaser terbaru versi pendek | Sumber: Youtube

Pada teaser tersebut hanya menampilkan logo Mark of Erdrick yang biasa muncul di gim Dragon Quest, Dragon Quest II: Luminaries of the Legendary Line, dan Dragon Quest III: The Seeds of Salvation. Teaser juga menampilkan teks The legacy begins di akhir video bersama list konsol dan platform rilisnya gim Dragon Quest III HD-2D.

Dragon Quest III HD-2D akan memakai style grafis HD-2D, sebelumnya digunakan juga dalam gim Octopath Traveler dan Triangle Strategy, yang sudah diumumkan pada tahun 2021 lalu.

Poster visual. Foto: Gematsu

Awal produksi Dragon Quest III HD-2D diumumkan pada event khusus memperingati anniversary ke-35 Dragon Quest pada 27 Mei 2021 lalu, sekaligus menampilkan teaser yang menunjukkan beberapa bagian cuplikan game.

Teaser pertama | Sumber: Youtube

Namun, belum ada pembaruan lebih lanjut selama sekitar dua setengah tahun sejak pengumuman pada 2021. Meskipun Yuji Horii (kreator gim Dragon Quest) telah berbicara dalam wawancara dengan media lokal tentang kemajuan pengembangan gim, tidak ada cuplikan atau rincian lain tentang status Dragon Quest III HD-2D.

Dua tahun kemudian, Yuji Horii memposting di akun X pribadinya dan berkata, "Tadi malam, saya berada di kantor Square Enix hingga hampir jam 10 malam, memainkan test play remake Dragon Quest 3."

Meski belum ada informasi spesifik, terungkap bahwa pengembangan Dragon Quest III HD-2D sudah mencapai tahap uji coba.

Sejarah Dragon Quest III sendiri awalnya dirilis untuk Famicom di Jepang pada tahun 1988. Famicom (Family Computer) yaitu Nintendo Entertainment System (NES) yang merupakan konsol video game rumahan 8-bit yang diproduksi oleh Nintendo.

Dragon Quest III memulai debutnya di negara barat pada tahun 1992. Gim ini merupakan judul ketiga dalam Erdrick saga, tetapi terjadi sebelum peristiwa pendahulunya.

Tag