Logo iOS 17.5. (Foto: biztechafrica.com)

iOS 17.5 Rilis, Apa Saja Yang Baru?

Teknologi 15 Mei 2024

Hari Selasa (14/05), Apple resmi luncurkan iOS 17.5 bagi pengguna iPhone yang mendukung OS tersebut.

iOS 17.5 memperkenalkan fitur baru yang cukup beragam. Apa saja? Berikut rinciannya!

Pendeteksi Pelacak Tak Dikenal

Selain mendeteksi AirTags sejak iOS 14.5, sekarang iPhone juga dapat mendeteksi pelacak Bluetooth dari ponsel apa saja, menurut Tech Radar. Fitur ini dikembangkan bersama dengan Google.

Jika keberadaan pelacak tak dikenal terdeteksi, pengguna iOS ataupun Android dapat menerima notifikasi terlepas dari OS smartphone yang tersedia.

Distribusi Web, Fitur Khusus Uni Eropa

Sebagai eksekusi Digital Markets Act yang didirikan untuk menghindari monopoli di industri teknologi, Apple membuka kesempatan bagi pengguna iPhone di Eropa untuk mengunduh aplikasi dari situs web, seperti pengguna Android.

Meskipun begitu, akan ada biaya per pengguna bagi pengembang aplikasi jika jumlah unduhan sudah mencapai batas tertentu, menurut laporan oleh Engadget. Pengembang tersebut juga harus memiliki reputasi yang baik serta lebih dari 1 juta unduhan di Uni Eropa.

Pembaruan Apple News+

Apple News+ mendapatkan dua pembaruan besar.

Pertama, Apple News+ kini memiliki mode offline. Pelanggan tetap dapat membaca berita meskipun tidak ada sinyal, seperti di dalam pesawat. Mode offline dapat mengunduh Top Stories, audio Apple News Today, dan majalah.

Demonstrasi Quartiles (kiri) dan mode offline Apple News+ (kanan). (Foto: apple.com)

Apple News+ juga memperkenalkan mini-game baru bernama Quartiles. Tujuan dari gim ini adalah mencari kata dari potongan 2-4 huruf. Gim ini serupa dengan Wordle di mana ada satu kata baru yang dicari setiap hari.

Fitur Lainnya

OS terbaru iPhone juga hadirkan fitur seperti Repair State atau Status Perbaikan, yang mematikan Find My secara otomatis saat ponsel sedang diperbaiki. Lalu, ada perubahan desain pada widget serta 15 patch keamanan.

Model iPhone yang Mendukung iOS 17.5

Melansir detik, semua model iPhone dari seri iPhone 11 sampai seri iPhone 15 mendukung iOS 17.5.

Selain itu, pengguna iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR, iPhone SE Generasi 2, dan iPhone SE Generasi 3 juga dapat memperbarui OS smartphone mereka.

Pembaruan ke iOS 17.5 tersedia melalui opsi Software Update (Pembaruan Perangkat Lunak) di pengaturan General (Umum).

Tag

Aqila Shafa Arimurti

Pianis, gitaris, bassist, komposer musik gim, fotografer, dan content writer.