Ilustrasi Teknologi 6G. Foto: Pixabay

Jepang Umumkan 6G Pertama yang Berkecepatan Sangat Tinggi, Jauh Melebihi 5G

Teknologi 9 Mei 2024

Saat ini, teknologi telah berkembang pesat. Berbagai teknologi hingga internet terus dikembangkan demi kemudahan dan efisien dalam kehidupan manusia.

Indonesia masih terus berusaha untuk mengembangkan dan memaksimalkan penyebaran jaringan 5G. Di sisi lain, perusahaan-perusahaan Jepang telah mengembangkan perangkat 6G pertama di dunia.

Sebenarnya Apa Sih 6G Itu?

Bisa dikatakan "6G" adalah generasi keenam jaringan seluler untuk teknologi seluler. 6G akan dapat digunakan untuk berbagai perangkat seperti komputer, ponsel, dan lain-lain.

Teknologi 6G ini akan dapat menghilangkan buffering, lag, dan mengurangi kemungkinan putus koneksi di seluruh dunia dan yang terpenting dapat meningkatkan koneksi antar perangkat.

Dilansir dari Inquirer.net, Kamis (9/5), dunia saat ini memiliki 5G, yang menghasilkan 20GB per milidetik. Sebaliknya, 6G akan menyediakan 1TB per mikrodetik.

Bagaimana Cara Perusahaan Jepang Mengembangkan 6G Ini?

Perusahaan-perusahaan Jepang yang bekerja untuk 6G adalah DOCOMO, NTT Corporation, NEC Corporation, dan Fujitsu. Proyek ini sudah berjalan sejak tahun 2021. Setiap perusahaan menangani bagian penelitian dan pengembangan berikut;

DOCOMO menganalisis konfigurasi sistem nirkabel untuk aplikasi telekomunikasi 100 GHz dan menciptakan peralatan transmisi nirkabel dengan tingkat pengiriman data hingga 100 Gbps dalam jarak 100 meter.

NTT Corporation, salah satu penyedia telekomunikasi premier Jepang, mengembangkan perangkat 300 Ghz berkualitas tinggi yang dapat mengalirkan 100 Gbps per saluran dalam jarak 100 meter.

NEC, salah satu perusahaan IT Jepang, memproduksi multi-element active phased array antenna (APAA) dengan lebih dari 100 elemen antena.

Fujitsu, salah satu perusahaan elektronik terkenal yang berbasis di Jepang, menciptakan semikonduktor yang dapat memperkuat sinyal di band 100 GHz dan 300 GHz dengan output dan efisiensi tinggi.

Dari penelitian tersebut, mereka menciptakan perangkat 6G pertama di dunia. Interesting Engineering menjelaskan kapasitasnya memungkinkan seseorang melakukan streaming lima film HD secara bersamaan setiap detik.

Perangkat 6G pertama di Jepang ini tidak akan menjadi yang terakhir karena masih memungkinkan adanya inovasi lebih lanjut. Akan tetapi, 6G dapat menghilangkan buffering, kelambatan, dan pemutusan koneksi di seluruh dunia.

Yang lebih penting lagi, hal ini akan meningkatkan koneksi mesin-ke-mesin dan mewujudkan masa depan “Internet of Things”, sehingga ke depan memiliki dampak signifikan dalam jangka panjang.

Tag

Elin

Just a (future) girl engineer who likes to write anything