Demonstrasi Google AI Overviews. (Foto: bbc.co.uk)

Kerap Salah Informasi, Google Segera Perbaiki AI Overviews

Teknologi 28 Mei 2024

Google memperkenalkan fitur AI Overviews di acara Google I/O 2024 tanggal 15 Mei lalu. Fitur ini dapat merangkum hasil pencarian menjadi satu sumber informasi yang komprehensif, sehingga menghemat waktu pencarian.

Namun, implementasi AI Overviews (yang saat ini hanya di AS dan Inggris) belum semulus yang diharapkan. Hasil AI Overviews yang keliru menjadi viral di media sosial.

AI Overviews terlihat memberikan saran dari yang konyol seperti menggunakan lem di pizza dan memakan batu, sampai yang fatal seperti menyarankan orang yang depresi untuk lompat dari jembatan Golden Gate.

Telah Diuji Secara Ekstensif

Dalam komentar kepada Business Insider Sabtu (25/05) lalu, Google mengklaim bahwa mereka telah "melakukan pengujian ekstensif sebelum meluncurkan [AI Overviews]" dan secara umum, "AI Overviews memberikan informasi berkualitas tinggi, dengan tautan untuk menggali lebih dalam di web."

Mengenai misinformasi oleh AI Overviews, Google mengatakan bahwa banyak contoh yang mereka lihat adalah pertanyaan atau hasil pencarian yang "tidak biasa", "telah direkayasa", atau "tidak dapat [Google] perbaiki atau reproduksi."

Google Ambil Tindakan Cepat

Menjawab isu AI Overviews yang telah viral, Google berjanji akan "mengambil tindakan cepat jika diperlukan" seperti menghapus fitur AI Overviews di query tertentu secara manual, menurut komunikasi dengan The Verge Sabtu (25/05) lalu.

Bukti Penghapusan AI Overviews. (Threads/@reckless1280)

Nilay Patel, pemimpin redaksi The Verge, telah mendokumentasikan bukti penghapusan AI Overviews di media sosial Threads.

Akankah Ada Solusi?

Melalui podcast Decoder tanggal 20 Mei, CEO Google Sundar Pichai ungkap bahwa saat ini belum ada solusi untuk memperbaiki AI Overviews secara menyeluruh.

Fenomena yang disebut sebagai "halusinasi" ini sudah melekat dengan sistem large language model (LLM), model yang menjadi dasar AI Overviews.

“Masih akan ada saat-saat di mana [AI Overviews] salah, namun saya rasa saya tidak akan memperhatikan hal tersebut dan meremehkan betapa bermanfaatnya [AI Overviews],” tutur Pichai. "Menurut saya itu cara berpikir yang salah."

"Kami sedang memperbaikinya, tapi masalah [halusinasi] ini belum terselesaikan," ujarnya.

Tag

Aqila Shafa Arimurti

Pianis, gitaris, bassist, komposer musik gim, fotografer, dan content writer.