Cuplikan dari MV 'idol' (foto: YouTube Yoasobi)

Lagu Tema Pembuka Oshi No Ko 'Idol' Raih Penghargaan di Ajang JASRAC Award 2024

Pop Kultur 23 Mei 2024

Akun resmi X (dahulu Twitter) Japanese Society for Rights of Authors, Composers and Publishers atau JASRAC mengumumkan pemenang dari JASRAC award 2024 pada Rabu (22/5) kemarin.

Dilansir dari Crunchyroll dan The Mainichi, JASRAC award merupakan suatu penghargaan yang diberikan oleh JASRAC kepada penulis lirik, komposer dan penerbit musik yang karyanya menerima royalti terbesar dari JASRAC pada tahun fiskal sebelumnya.

Royalti ini didapatkan melalui distribusi musik, penggunaan karaoke dan penayangan di iklan. Penghargaan ini dimulai sejak tahun 1982 dengan lima kategori gold, bronze, international dan foreign.

Kategori 'Gold award' diberikan kepada unit duo YOASOBI dengan lagu 'idol' yang ditulis dan dikomposisikan oleh Ayase dan dirilis secara digital pada 12 April 2023 silam disusul dengan single CD yang dirilis pada 21 Juni 2023.

Lagu ini meraih kesuksesan baik di Jepang maupun internasional. Lagu ini menjadi lagu yang paling banyak diputar di Spotify pada tahun 2023 di Jepang dan lagu pertama yang dinyanyikan dalam bahasa Jepang yang mencapai posisi teratas di tangga lagu global Billboard AS "Global Excluding U.S."

Ayase berkomentar, "Kami merasa sangat terhormat mengetahui bahwa 'Idol' telah menerima Penghargaan Emas JASRAC. Sebagai Yoasobi kami menyadari telah diberkati dengan banyak pertemuan baru dan perubahan aktivitas dalam beberapa tahun terakhir, tetapi saya pikir, tanpa ragu, lagu inilah yang mendorong kami untuk sampai ke sini."

Kemudian kategori 'Silver award' diberikan kepada grup HoneyWorks dengan lagu 'Kawaikute gomen' yang ditulis dan dikomposisikan oleh Shito. Untuk kategori 'Bronze award' diberikan kepada band rock Alexandros dengan lagu 'Senko (Kilatan cahaya)' yang ditulis dan dikomposisikan oleh vokalisnya Yohei Kawakami.

Lalu untuk kategori 'International award' diberikan kepada 'Backsound Naruto Shippuden' yang dikomposisikan oleh Yasuharu Takanashi yang selama lima tahun berturut-turut sejak penghargaan tahun 2013.

Yang terakhir untuk kategori 'Foreign award' dari grup hak cipta JASRAC untuk lagu produksi internasional dengan perolehan royalti tertinggi diberikan kepada "Bittersweet Samba," ciptaan komposer Amerika Serikat ,Sol Lake.

MV dari 'Idol' oleh Yoasobi

Tag