Photo by Steven Ungermann on Unsplash

Manfaat Kursi Stainless dalam Desain Interior Modern

Umum 14 Mei 2024
Image Source: Unsplash

Kursi stainless merupakan jenis kursi yang sering diaplikasikan pada desain interior modern. Selain memiliki daya tahan yang lama, kursi stainless, juga memiliki kelebihan dan manfaat lainnya.

Umumnya, stainless steel terbuat dari campuran baja tahan karat dan kromium. Campuran tersebut memberikan sifat tahan korosi dan karat, yang membuatnya cocok untuk penggunaan di berbagai lingkungan.

Tak heran jika kita sering menjumpai kursi stainless untuk penggunaan di dalam dan luar ruangan. Mari kita bahas lebih lanjut manfaat kursi stainless dalam desain interior modern. Simak selengkapnya berkut.

#1. Tampilan Minimalis dan Modern

Kursi stainless steel bisa menghadirkan tampilan minimalis dan modern dalam desain interior. Hal ini disebabkan adanya garis-garis yang bersih dan sederhana pada bahan stainless steel. Sementara itu, warna seperti silver atau hitam memberikan kesan bersih dan elegan.

Kesan minimalis tidak selalu simple. Terdapat banyak jenis kursi stainless yang menyuguhkan estetika tersendiri, seperti kursi stainless yang dikombinasikan dengan rotan. Penggabungan warna silver dan coklat tetap menghasilkan konsep modern dan manis.

Meskipun demikian, kursi stainless steel bisa dikombinasikan dengan bahan lainnya untuk menambah kesan yang unik. Penggunaannya pun cocok untuk kebutuhan rumah, kantor, maupun fasilitas publik.

#2. Bobot yang Cukup Ringan

Apakah Anda pernah mengangkat kursi stainless? Kursi jenis ini umumnya memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan kursi berbahan kayu. Dengan demikian, kursi dapat dipindahkan secara mudah.

Banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari bobot kursi yang ringan. Salah satu diantaranya yakni Anda tidak terlalu repot saat harus memindahkan kursi dari satu ruangan ke ruangan lainnya. Begitu pula saat Anda harus pindah tempat tinggal.

Bobot ringan juga membantu proses pengiriman menjadi lebih mudah. Jika Anda membeli kursi stainless melalui platform online, maka biaya pengiriman dapat ditekan. Selain itu, kursi stainless juga relatif aman jika digunakan dekat dengan anak-anak.

#3. Tahan Karat dan Korosi

Seperti yang disampaikan sebelumnya, stainless steel merupakan kombinasi dari bahan baja dan kromium. Kombinasi bahan tersebut menghasilkan produk kursi yang tahan karat dan korosi akibat faktor eksternal.

Karena kualitasnya yang tahan karat dan korosi, kursi stainless akan aman-aman saja jika digunakan di luar ruangan sekalipun.Namun, pembersihan secara rutin secara benar harus dilakukan untuk mempertahankan kualitas kursi stainless. 

Namun, Anda perlu memperhatikan kualitas stainless yang digunakan. Pastikan bahwa kursi yang Anda pilih terbuat dari stainless steel berkualitas tinggi, seperti jenis 304 atau 316. Selain itu, stainless juga harus memiliki ketebalan yang memadai untuk menghindari korosi. 

Biasanya, pengrajin furniture juga melapisi kursi stainless dengan powder coating. Teknik powder coating dapat diaplikasikan ke seluruh permukaan stainless untuk meningkatkan daya tahan terhadap korosi.

#4. Membutuhkan Perawatan yang Mudah

Kursi berbahan stainless membutuhkan perawatan rutin yang cukup mudah. Untuk perawatan sehari-hari, kursi stainless bisa dilap menggunakan kain bersih. Hal ini perlu dilakukan untuk membersihkan debu atau cairan yang menempel.

Jika terdapat bercak air atau cairan lainnya, kursi stainless dapat dibersihkan menggunakan cairan khusus yang banyak dijual di pasaran. Anda juga dapat menggunakan bahan alami seperti cuka dan baking soda yang dicampur dengan sabun cuci piring.

Berikut beberapa campuran alami yang dapat digunakan untuk membersihkan dan merawat kursi stainless:

  • Cuka dan air dengan perbandingan 1:1
  • Minyak zaitun dan cuka dengan perbandingan 2:1
  • Air dan baking soda
  • Lemon dan garam 
  • Essential oir dan air 

Gunakan kain lap yang lembut dan bersih agar tidak melukai permukaan stainless. Jika perlu lap kembali dengan lap kering untuk memastikan tidak ada residu cairan yang tertinggal.

#5. Daya Tahan Lama

Jika melihat dari sisi ketahanannya, kursi stainless tentunya tidak gampang rusak dan patah. Penggunaan bahan stainless berkualitas tinggi membuat kursi tahan banting meskipun terjatuh atau digunakan dalam jangka waktu lama.

Anda bisa mempertahankan kursi stainless hingga jangka waktu puluhan tahun. Jika digunakan untuk properti perkantoran, hal ini menjadi pembelian yang sangat berarti dan menekan biaya pemeliharaan dan perawatan.

Tentunya, keunggulan ini menjadikan investasi jangka panjang bagi pemiliknya. Selain itu, saat ini banyak jasa yang menawarkan perawatan dan perbaikan kursi stainless dengan harga yang bersaing.

#6. Ramah Lingkungan

Stainless merupakan bahan yang ramah lingkungan dibandingkan plastik. Kursi stainless yang sudah tidak terpakai bisa didaur ulang dan dijual kembali sehingga kerugian untuk lingkungan dan diri sendiri dapat dikurangi.

Membeli kursi stainless juga menjadi praktik untuk mendukung desain berkelanjutan. Ini juga menjadi alasan banyak negara-negara maju menggunakan kursi berbahan stainless untuk fasilitas  publik.

#7. Mudah Dikombinasikan dengan Material Lain 

Umumnya, kursi stainless dikombinasikan dengan bahan tekstil. Kombinasi ini banyak ditemukan di kursi stainless yang digunakan di gedung perkantoran. Namun, banyak juga pengrajin kreatif yang menggabungkan bahan stainless dengan kayu, kaca, atau plastik.

Kombinasi ini tidak hanya menambah dimensi estetika, tetapi juga menciptakan nilai estetika tersendiri. Selain itu, bahan kaca juga sering dipilih untuk memberikan tampilan yang bersih dan transparan.

Tips Mengaplikasikan Kursi Stainless 

Mengaplikasikan kursi stainless agar tampak modern memerlukan perencanaan yang cermat. Berikut beberapa tips untuk mendapatkan tampilan modern dengan kursi stainless:

1.  Pilih Desain yang Simple

Pemilihan desain kursi adalah kunci untuk mendapatkan kesan modern. Selain itu, desain simple juga memberikan kesan luas dan bersih untuk ruangan Anda. Serta, hindari desain kursi yang terlalu mencolok atau penuh dengan detail ornamentasi. 

2. Pilih Warna yang Sesuai

Warna yang senada dengan tema ruang akan memberikan kesan yang nyaman dan indah dipandang. Biasanya, desain modern mengutamakan warna-warna netral seperti putih, silver, dan hitam agar terlihat elegan. Namun, Anda juga bisa menggunakan warna mencolok di beberapa titik sebagai pemanis dan penyeimbang suasana ruangan.

3. Perhatikan Bentuk Kursi Stainless

Bentuk kursi stainless mempengaruhi kesan modern. Pilih kursi dengan bentuk yang ergonomis dan futuristik. Hindari bentuk tradisional karena akan menciptakan kesan klasik. 

Pertimbangkan elemen-elemen seperti ketinggian, lebar, dan kontur kursi. Pastikan bentuk keseluruhan kursi selaras dengan tema yang diusung dalam ruangan Anda.

4. Pertahankan Kilau Stainless

Anda perlu mempertahankan kilau alami stainless steel. Kursi yang bersih dan berkilau akan menunjukkan kualitas dan ketajaman desainnya. Jika memungkinkan, hindarkan kursi stainless dari area yang sering terciprat air.

Bersihkan permukaan stainless secara berkala menggunakan cairan pembersih khusus atau campuran bahan alami yang telah kita bahas sebelumnya. Pembersihan secara konsisten turut menjaga daya tahan kursi untuk jangka panjang.

Kesimpulan 

Kursi stainless steel memiliki banyak keuntungan dan manfaat jika diaplikasikan dalam desain interior modern. Kursi jenis ini juga memiliki banyak pilihan desain dan daya tahan yang sangat baik. 

Beberapa tips di atas juga bisa membantu Anda mengaplikasikan jenis kursi stainless sesuai kebutuhan dan selera. Anda dapat berkonsultasi dengan tenaga ahli di bidang interior untuk mengaplikasikan kursi stainless secara sempurna.

Author Bio

Andre Oentoro is the founder of Breadnbeyond, an award-winning explainer video company. He helps businesses increase conversion rates, close more sales, and get positive ROI from explainer videos (in that order).

Tag

Dorian Pramoedya

Ulah agul ku payung butut, sagala nu dipiboga kadar titipan tinu Maha Kawasa.