Mobil konsep yang menggunakan platform terbaru dari BMW, Vision Neue Klasse X (Foto: BMW)

Generasi Mobil Baru BMW Neue Klasse Dibekali Teknologi "Pengisian Daya Super Cepat"

Otomotif 18 Mei 2024

Bagi MedForians yang menggunakan kendaraan berpenggerak motor listrik, pasti salah satu yang kerap ditakuti ialah ketika baterai sudah menunjukkan tanda ingin habis, bahkan sampai menurunkan kecepatan dari mobil itu sendiri.

Nampaknya MedForians dapat bersenang ria, karena menurut CEO dari BMW, Oliver Zipse mengumumkan berbagai detil dari platform mobil berpenggerak motor listrik terbaru mereka, dikutip dari ArenaEV pada Kamis (16/5) lalu.

Dinamai Neue Klasse, platform ini diklaim BMW dapat menempuh jarak 300 km hanya dalam jangka waktu 10 menit pengecasan, dengan arsitektur pengisian daya terbaru 800-volt.

Crossover yang menggunakan platform Vision Neue Klasse, Neue Klasse X (Foto: BMW)

Platform Neue Klasse ini, menurut Zipse, merupakan pencapaian baru untuk BMW, sejalan dengan pabrikan yang akan bertransisi ke kendaraan berbasis motor listrik di masa depan.

Pemakaian platform iin akan dimulai di tahun 2025, dengan wujud kendaraan baru pengganti BMW iX3, yang akan dirakit di pabrik BMW terbaru di Debrecen, Hungaria. Lalu, pengganti dari sedan BMW i3 akan menyusul di 2026, yang akan dirakit di pabrik BMW di Munich.

Jarak Tempuh Lebih Jauh

Selain itu, platform Neue Klasse ini nampaknya akan diperluas perakitannya ke beberapa negara seperti di Shenyang, China pada tahun 2026, serta San Luis Potosi di Meksiko pada 2027.

Selain menjanjikan pengisian daya baterai yang lebih cepat, Zipse juga mengklaim kendaraan yang menggunakan platform ini mendapatkan tambahan jarak tempuh sekiranya 30%, dibandingkan dengan seri penggerak listrik yang dijual oleh BMW saat ini.

Hal ini diperoleh dengan mengintegrasikan baterai generasi ke-6 yang menggunakan sel berbentuk bundar, dengan peningkatan 20% dari penyimpanan energi serta mengurangi emisi produksi hingga 60%. Baterai ini nantinya akan ditawarkan dengan 3 kapasitas; 75 kWh, 90 kWh dan 105 kWh.

Sedan konsep Neue Klasse (Foto: BMW)

Kedua mobil konsep yang ditampilkan, Vision Neue Klasse dan Vision Neue Klasse X ini mempamerkan sekilas bentuk dari model sedan dan SUV yang menggunakan platform ini.

Meskipun BMW sendiri masih menyimpan rapat detil dari berbagai kendaraan yang akan hadir, setidaknya 4 model baru, termasuk model i3 Touring dan iX4 akan diluncurkan kedepannya di tahun 2028, bahkan kedepannya akan diberikan varian performa seperti i3 M dan iX4 M.

Selain performa, kepraktisan tak luput menjadi fokus dari platform Neue Klasse ini. Dengan dilengkapi teknologi bidirectional charging, pengguna dapat menghidupkan rumah mereka ketika pemadaman, bahkan mengembalikan sebagian energi ke gardu listrik. Platform ini juga akan mengadopsi North American Charging Standard (NACS) yang dipelopori oleh Tesla, bahkan sebagian model akan mendapatkan bagasi di bagian depan untuk menambahkan ruang kargo tambahan.

Tag

Naufal Nurihsan Fauzi

Just your ordinary guy, that likes playing games, keen into tech stuff, and (sometimes) designing something.