Petinggi OpenAI Menjelaskan Model AI Terbarunya, GPT-4o. (Foto: edition.cnn.com)

OpenAI Perkenalkan GPT-4o dan Aplikasi Desktop ChatGPT

Teknologi 14 Mei 2024

Senin (13/) kemarin, perusahaan di balik alat kecerdasan buatan (AI) ChatGPT, OpenAI, mengadakan acara "Spring Update" untuk mengumumkan perkembangan terbaru mengenai ChatGPT.

Menjelang "Spring Update", CEO OpenAI Sam Altman telah menginformasikan melalui X (Twitter) @sama bahwa acara tanggal 13 Mei ini bukan tentang GPT-5 ataupun mesin pencarian.

Menurut Altman, OpenAI telah bekerja keras mengembangkan beberapa hal baru yang "akan disukai banyak orang" dan "terasa seperti sihir" baginya.

Dua pengumuman menjadi pusat perhatian acara ini, yaitu model AI baru GPT-4o dan aplikasi desktop ChatGPT.

Apa Itu GPT-4o?

GPT-4o atau GPT-4 Omni adalah model AI terbaru yang digunakan oleh program ChatGPT.

Keunikan GPT-4o adalah kemampuan untuk menerima input suara serta 'berbicara'. Melansir CNN, para pembicara demonstrasikan fitur ini dengan menyuruh ChatGPT, secara verbal, untuk membaca dongeng. ChatGPT dapat menceritakan dengan suara manusia, robot, dan bahkan nyanyian.

Selain itu, GPT-4o dapat mendeteksi kondisi seseorang dari bahasa tubuhnya, terlihat dari ChatGPT yang meminta salah satu pembicara untuk menenangkan diri.

Dengan GPT-4o, ChatGPT juga dapat digunakan sebagai interpreter atau penerjemah langsung dalam komunikasi lisan. Dalam sebuah demonstrasi, Mira Murati (pembicara wanita) berbicara dalam bahasa Italia, sedangkan Mark Chen (pria berkemeja) berbicara dalam bahasa Inggris.

Menurut CNBC, pengguna ChatGPT dapat mencoba model GPT-4o secara terbatas mulai Senin (13/05). Pengguna berbayar memiliki batas pesan 5 kali lebih banyak dibandingkan pengguna gratis. Sedangkan, pelanggan ChatGPT Team dan Enterprise memiliki batas pesan tertinggi.

Aplikasi Desktop ChatGPT

Untuk pengalaman asisten AI yang lebih terintegrasi, OpenAI juga kembangkan aplikasi desktop ChatGPT, yang memuat semua fitur yang ada di aplikasi web termasuk model GPT-4o.

Antarmuka Input Verbal di Aplikasi ChatGPT untuk macOS. (Foto: windowslatest.com)

Saat ini, aplikasi desktop hanya tersedia untuk pengguna macOS dengan ChatGPT berbayar. Meskipun begitu, OpenAI telah memastikan bahwa mereka juga akan mengeluarkan versi Windows dan membagikan aplikasi ini untuk pengguna ChatGPT gratis.

Aplikasi ChatGPT juga tersedia untuk smartphone Apple dan Android.

ChatGPT adalah aplikasi asisten kecerdasan buatan (AI) yang sukses besar sejak rilis November 2022 lalu, dengan lebih dari 100 juta pengguna saat ini. GPT, model AI di balik aplikasi ChatGPT, adalah singkatan dari "Generative Pre-trained Transformer".

Tag

Aqila Shafa Arimurti

Pianis, gitaris, bassist, komposer musik gim, fotografer, dan content writer.