Potongan Ilustrasi Serial Baki (Sumber: Channel YouTube BAKI_Channel)

Mengagumkan, Penjualan Manga Baki Tembus 100 Juta Eksemplar!

Pop Kultur 23 Mei 2024

Masih ingat tentang serial manga Baki? Sejak awal perilisannya di tahun 1991 hingga sekarang, akhirnya manga tersebut berhasil mendapatkan pencapaian baru, dengan angka penjualan yang telah menembus seratus juta eksemplar.

Melansir dari ANN, kabar mengenai kesuksesan penjualan manga baki ini dikemukakan oleh Akita Shoten selaku penerbit pada Selasa, 21 Mei 2024.

Guna merayakan keberhasilan ini, Akita Shoten merilis video yang berisikan potongan-potongan adegan legendaris dari keseluruhan manga Baki pada saluran YouTube resmi mereka.

Tentang Manga Baki

Franchise manga Baki merupakan hasil karya Keisuke Itagaki, menceritakan tentang Baki Hanma seorang remaja yang ingin menjadi salah satu petarung hebat di kompetisi bela diri underground bernama Kourakuen.

Secara keseluruhan, franchise manga baki memiliki empat serial. Serial pertama terbit pada tahun 1991 dan seri keempat berakhir pada tahun 2018.

Kurang lebih ada 132 seri yang telah diterbitkan dari keempat serial tersebut.

Perjalanan manga baki dimulai pada tahun 1991 yang ditandai dengan perilisan serial pertama berjudul 'Baki The Grappler' sebanyak 42 seri.

Manga ini diterbitkan di Weekly Shonen Champion dan berakhir pada tahun 1999.

Setelah 'Baki The Grappler' selesai, di tahun yang sama, sekuel atas manga tersebut rilis dengan judul 'Baki: New Grappler Baki'.

Sekuel ini berakhir di seri ke-31 pada tahun 2005.

Serial Baki kembali mendapatkan sekuel. Judul sekuelnya adalah Hanma Baki yang terbit sejak tahun 2005 - 2012 sebanyak 37 volume.

Lanjutan serial baki yang keempat, sekaligus sekuel terakhir berjudul Baki-Dou.

Sekuel ini memiliki total 22 volume dan terbit dari tahun 2012 hingga 2018.

Sama seperti ketiga serial terdahulunya, Baki-Dou juga diterbitkan di Weekly Shonen Champion.

Itulah sekilas informasi mengenai keberhasil manga Baki mencapai penjualan lebih dari 100 juta eksemplar beserta perjalanan serialnya.

Namun ada yang menarik nih, MedForians. Franchise Baki akan merilis proyek anime cross-over berjudul Baki Hanma Vs Kengen Ashura yang ditayangkan di Netflix pada 6 Juni Mendatang!

Selengkapnya, bisa dibaca di sini ya.

Tag