Penyiar Veteran TSN, Darren Dutchyshen Meninggal Dunia

Media 21 Mei 2024

Penyiar veteran TSN Darren Dutchyshen telah meninggal, jaringan tersebut mengumumkan pada hari Kamis (16/5) lalu. 

Dikutip dari CBC, TSN mengatakan Dutchyshen meninggal pada hari Rabu (15/5) pada usia 57 tahun. Penyebab kematiannya tidak disebutkan, namun keluarganya mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia dikelilingi oleh orang-orang terdekatnya.

“Kecerdasan tajamnya tetap ada hingga saat-saat terakhirnya, sering kali melontarkan banyak lelucon, sebagian besar cukup bagus dan semuanya tidak pantas,” kata keluarganya. 

Dutchyshen sebelumnya mengungkapkan dia menderita kanker prostat pada 9 September 2021, dan menghabiskan satu tahun jauh dari TSN saat menerima perawatan. Dia kembali ke layar bersama co-host Sportscentre Jennifer Hedger pada September 2022, dan merinci garis waktunya.

"Setahun yang lalu, saya tidak tahu apakah saya akan kembali," kata Dutchyshen kepada pemirsa Hedger dan TSN.

"Saat itulah saya didiagnosis mengidap kanker.. Ini mengawali proses yang sangat sulit."

Dutchyshen bercerita bahwa kankernya telah menyebar ke seluruh tubuhnya.

“Ini bukan jenis kanker yang hanya bisa dideteksi,” katanya. “Masih di dasar tengkorak saya, di tulang rusuk saya, di kaki saya, di pinggul saya.”

Dutchyshen mengatakan kankernya dapat diobati dan dia merasa sangat baik.

“Dan tempat yang menurut saya paling baik adalah di Sportscentre.” 

Profil Singkat

Dutchyshen memulai karir TSN-nya pada tahun 1995 dan menjadi terkenal di program berita andalan jaringan SportsDesk dan SportsCentre selama tiga dekade berikutnya. 

Lahir di Regina dan dibesarkan di Porcupine Plain, Sask., Dutchyshen adalah bagian dari siaran CFL Network, dan juga menjadi pembawa acara Prime Time Olimpiade di TSN selama Olimpiade Musim Dingin Vancouver 2010 dan Olimpiade Musim Panas London 2012. 

“Kepribadian yang luar biasa, selera humor Darren yang luar biasa, dan energi magnetis besar menjadikannya seorang penyiar alami yang mudah terhubung dengan pemirsa,” kata Stewart Johnston, wakil presiden senior bidang penjualan dan olahraga di Bell Media, perusahaan induk TSN.

Pekerjaan pertama Dutchyshen sebagai penyiar olahraga adalah di STV di Saskatoon, diikuti dengan tugas di IMTV di Dauphin, Man. Dia juga menghabiskan tujuh tahun sebagai pembawa acara ITV's Sports Night di Edmonton. 

Sejumlah tokoh media olahraga Kanada memposting penghormatan online kepada Dutchyshen, termasuk rekan TSN James Duthie.

"Pria yang sangat besar. Dari segi perawakan, kepribadian, humor, hati. Terutama hati," tulis Duthie di platform X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter. 

"Dia adalah SportsCentre. Kami sangat mencintainya dan akan sangat merindukannya." 

Atlet seperti Hayley Wickenheiser, pensiunan pemain hoki dan asisten manajer umum Toronto Maple Leafs, juga memberikan penghormatan.

"Suara yang luar biasa untuk olahraga Kanada. RIP Dutchy. Anda membuat Sask Proud," tulisnya di X.

Tag

Visio

Hanya seorang eks budak korporat yang menyukai game, manga, anime.