Sumber: https://www.tokyoweekender.com/japan-life/news-and-opinion/hideyuki-umezu-dies-aged-68/

Seiyu Hideyuki Umezu Meninggal Dunia

Pop Kultur 22 Mei 2024

Saat ini, fandom anime sedang berduka atas kehilangan salah satu seiyuu hebat lainnya. Perusahaan agensi seiyuu 81 Produce mengumumkan pada hari Selasa (21/5) kemarin bahwa seiyuu Hideyuki Umezu meninggal dunia pada 17 Mei lalu karena mengidap penyakit pneumonia interstisial.

Dilansir dari Anime News Network dan Tokyo Weekender, Rabu (22/5) mendiang wafat di usia ke-68 tahun. Upacara pemakaman diadakan oleh keluarga dan akan dihadiri kerabat dan kolega terdekat mendiang.

Profil singkat

Umezu lahir pada tanggal 24 Juli 1955 di Prefektur Aichi. Belajar di Universitas Kedokteran dan Gigi Tokyo, ia berencana menjadi dokter gigi setelah lulus.

Namun, seorang teman dari Universitas Waseda ingin mulai berakting dan pasangan tersebut memutuskan untuk bergabung dalam grup teater bersama. Mengesampingkan ambisi kedokteran giginya, Umezu malah mengejar karir di dunia akting dan muncul di beberapa drama. Pada tahun 1982, ia melakukan debut akting suaranya sebagai San Dr. Hyblow di anime TV Tokyo Bobby the Rascal . 

Umezu menyuarakan antara lain karakter Diamante, seorang penjahat yang bekerja sama dengan Doflamingo di One Piece arc Dressrosa, Ian Vashti di Mobile Suit Gundam 00 Second Season, dan GP02 di film anime Mobile Suit SD Gundam Festival 1993.

Mendiang juga mengisi suara karakter di beberapa anime paling sukses yang pernah diproduksi, termasuk Tenchi Mulyo! (Yukinojyo), Naruto (Amachi), Fullmetal Alchemist: Brotherhood (Barry the Chopper), dan Hunter × Hunter (Battera).

Selain mengisi karakter anime, Umezu juga terkenal karena mengisi suara beberapa adaptasi film Hollywood yang diputar di Jepang. Salah satunya yang terkenal ketika ia menjadi dubber untuk tokoh Arthur Weasley dari Film Harry Potter.

Tag

Visio

Hanya seorang eks budak korporat yang menyukai game, manga, anime.