Setelah Tiga Dekade, Aplikasi Chatting ICQ Dikonfirmasi Berhenti Beroperasi

Teknologi 27 Mei 2024

Apakah MedForians masih ingat nomor identifikasi pengguna ICQ (I Seek You)? Untuk konteksnya, ICQ bisa dibilang adalah salah satu platform pesan instan tertua yang dikembangkan di perusahaan Mirabilis tahun 1996 sebelum AOL mengakuisisinya dengan harga sekitar $407 juta pada tahun 1998.

Platform ini sekali lagi dijual ke VK pada tahun 2010. Pada saat itu, platform ini cukup populer di dunia. Rusia, salah satu negara dengan pengguna ICQ terbanyak menjadi peluang yang dilihat dan ingin dibangun oleh VK pada waktu itu.

Situasi di ICQ cukup tenang, dan sekarang perusahaan tersebut akhirnya menghentikan platform pesan instan setelah tiga dekade baru. Dikutip dari Windows Central dan PCMag, ICQ menerbitkan pesan baru singkat di situsnya pada hari Jumat (24/5) lalu.

Berikut isi pesan singkatnya:

"ICQ akan berhenti beroperasi mulai 26 Juni." 

Namun, perusahaan VK merekomendasikan VK Messenger dan VK WorkSpace sebagai alternatif untuk tetap berhubungan dengan teman dan kolega.

Persaingan bisnis?

ICQ cukup populer sebelum AOL Instant Messenger, Yahoo Messenger, atau MSN Messenger muncul dengan basis pengguna lebih dari 100 juta di tahun 2001. ICQ belum memberikan rincian apa pun yang berkontribusi dan menyebabkan penghentian aplikasi pesan instan tercinta ini.

Rumor dan spekulasi yang beredar menyebutkan bahwa persaingan pasar aplikasi chatting menjadi semakin ketat, yang seiring berjalannya waktu berdampak pada basis penggunanya.

VK sempat mengembangkan ICQ versi seluler, yang membantu klien berkembang pada tahun 2014. Namun setelah beberapa upaya untuk memodernisasi perangkat lunak, pengembangan aplikasi terhenti. Baik versi iOS dan Android telah dihentikan dari App Store dan Google Play.

ICQ akan selalu dikenang dan dicintai selamanya karena antarmukanya yang mudah digunakan, obrolan satu lawan satu atau grup, dan penyediaannya yang memungkinkan orang untuk berkomunikasi di seluruh dunia secara gratis dan waktu nyata melalui obrolan dan video.

Tag

Visio

Hanya seorang eks budak korporat yang menyukai game, manga, anime.