Visual TV anime. Foto: Official website

Siap Berlari, Film Anime Hyakuemu Akan Rilis 2025!

Pop Kultur 25 Mei 2024

Pada Jumat (24/5) kemarin, Kodansha merilis pernyataan bahwa Hyakuemu (100m) milik author Uoto. akan dibuat menjadi fim animasi. Film anime ini akan disutradarai oleh Kenji Iwaizawa dari ON-GAKU: Our Sound dan akan dirilis di Jepang pada tahun 2025.

Dilansir melalui official website Annecy Festival dan Comic Natalie, diumumkan bahwa Hyakuemu telah terpilih untuk kategori "Work in Progress" (WIP) di Festival Film Animasi Internasional Annecy 2024, yang akan diadakan di Perancis dari tanggal 9 hingga 15 Juni 2024.

Pada tanggal 11 Juni mendatang, Sutradara Iwaizawa dan yang lainnya akan maju ke forum untuk melakukan presentasi mengenai film anime Hyakuemu yang sedang diproduksi, kepada penggemar film lokal dan orang-orang di industri film dari seluruh dunia.

Sesi Festival Work in Progress merupakan kesempatan khusus untuk mengetahui tahapan pembuatan film animasi selama produksi, bertemu dengan tim dan berdiskusi tentang perjalanan artistik mereka. Festival film ini sudah berdiri sejak tahun 1960, sehingga bisa dibilang Annecy adalah festival film animasi tertua dan terbesar di dunia.

Ilustrasi original buatan Uoto. Foto: Comic Natalie

Bersamaan dengan pengumuman persiapan rilis film anime Hyakuemu, Uoto juga membuat ilustrasi yang menunjukkan karakter utama, Togashi, berdiri di jalur trek lari sambil menatap langit.

Berikut merupakan list staff yang akan terlibat pada proses pembuatan film anime Hyakuemu:

Pembuat manga: Uoto

Manga publisher: Kodansha (pada Magazine Pocket website dan app)

Sutradara: Iwaizawa Kenji

Direktur animasi dan desain karakter: Kojima Keisuke

Direktur art: Yamaguchi Keikankun

Produser: Terada Yusuke, Katayama Yuki, Taketsugu Akane

Studio animasi: Rock'n'Roll Mountain

Produksi siaran: Pony Canyon, TBS TV, dan Asmik Ace

Manga Hyakuemu ditulis dan diilustrasikan oleh Uoto. Manga ini diterbitkan secara online melalui Kodansha's Magazine Pocket website dan app sejak November 2018 sampai Agustus 2019, telah hadir dalam lima tankĊbon (series manga yang muncul setiap minggu) volume.

Sebelumnya, Iwaizawa telah memberi kode pada Festival Film Internasional Tokyo 2023 Oktober lalu, bahwa ia memiliki film animasi lain yang sudah dalam produksi penuh, selain Hina is Beautiful yang diumumkan sebelumnya. Selain itu, ia mengantisipasi film anime lain ini akan keluar sebelum Hina is Beautiful.

Iwaizawa baru-baru ini menyutradarai film anime ON-GAKU: Our Sound, sebuah adaptasi dari manga ON-GAKU karya Hiroyuki Ohashi. Ohashi mengumumkan proyek film anime tersebut pada tahun 2012, dan meluncurkan kampanye crowdfunding di situs web Makuake pada bulan Juli 2018.

Film anime ON-GAKU: Our Sound dirilis di Jepang pada bulan Januari 2020. GKIDS memutar film anime tersebut pada berbagai bioskop di Amerika Utara pada bulan Desember 2020, lalu kemudian merilis film tersebut dalam bentuk home video pada bulan Maret 2021.

ON-GAKU: Our Sound pernah memenangkan Grand Prize di Festival Animasi Internasional Ottawa (OIAF) pada tahun 2019. Film anime ini memenangkan Grand Prize untuk Divisi Hiburan Penghargaan Festival Seni Media Jepang ke-24 pada tahun 2021.

Selain itu, pernah juga memenangkan penghargaan Noburou Oofuji dari Annual Mainichi Film Awards ke-75 pada tahun 2021. Film anime ini juga dinominasikan untuk Annie Award di tahun yang sama.

Sinopsis Hyakuemu

Togashi dilahirkan untuk berlari. Sebagai seorang anak, ia secara alami berbakat dalam lari dan memenangkan setiap perlombaan 100 meter tanpa banyak usaha. Namun, saat menginjak kelas enam, ia bertemu Komiya, seorang siswa pindahan yang penuh tekad namun kurang teknik.

Saat mengajarinya, Togashi memberi Komiya tujuan baru: harus menang, apa pun yang terjadi. Bertahun-tahun berlalu, Togashi dan Komiya bertemu lagi sebagai rival di jalur trek lari dan mengungkapkan jati diri mereka yang sebenarnya.

Tag