Poster Rainbow Six Siege. (Foto: forbes.com)

Sistem Langganan Bulanan Baru "Rainbow Six: Siege" Undang Respons Negatif

Gaming 28 Mei 2024

Beberapa update gim "Tom Clancy's Rainbow Six: Siege" diumumkan pada hari terakhir turnamen BLAST R6 Major Manchester, Minggu (26/5) lalu.

Salah satu perubahan besar dari gim ini adalah datangnya langganan R6 Membership yang efektif Juni mendatang. Sistem ini serupa dengan langganan Crew di "Fortnite".

Benefit R6 Membership

Melansir situs Ubisoft, pelanggan R6 Membership mendapatkan satu Bravo Pack seharga lebih dari 4500 R6 Credits, satu epic bundle karakter, satu legendary item, dan akses ke semua Battle Pass premium setiap bulan selama langganan berlaku. Hadiah akan diberikan setiap tanggal 28, mulai 28 Juni.

Benefit "R6 Membership". (Foto: ubisoft.com)

R6 Membership akan rilis 11 Juni mendatang. Berdasarkan bocoran di Reddit, harga R6 Membership sekitar $9,99 (Rp 161 ribu) per bulan, atau $79,99 (Rp 1,3 juta) per tahun.

Ubisoft juga tawarkan bonus untuk "early adopter" berupa epic bundle Ash dan 600 R6 Credits bagi yang mulai berlangganan dari 11 sampai 18 Juni.

Respons Negatif dari Pemain

Pengumuman ini kurang diterima dengan baik dari para pemain, bahkan mengundang cemoohan saat diumumkan di acara BLAST R6 Major Manchester, berdasarkan dokumentasi di TikTok.

Kekecewaan pemain dapat dimengerti. Berbeda dengan "Fortnite" yang menjadi inspirasi R6 Membership, "Rainbow Six: Siege" bukan gim free to play.

"Rainbow Six: Siege" dijual seharga Rp 229.000,- di Steam. Maka, harga R6 Membership bulanan hampir serupa dengan harga gim, dan harga Membership tahunan sekitar 5 kali lipat harga gim.

Kendati begitu, sepertinya Ubisoft tidak akan berubah pikiran. Dilansir dari IGN, Direktur Langganan Ubisoft Philippe Tremblay pernah berkata bahwa pemain "harus nyaman dengan tidak memiliki gim" Januari lalu.

Update "Rainbow Six: Siege" Lainnya

Selain R6 Membership, update terbaru "Rainbow Six: Siege" hadirkan musim baru "Operation New Blood", perubahan di karakter Fenrir dan Solis yang dianggap terlalu kuat, dan banyak perubahan sistem gameplay, menurut PCGamer.

Meskipun sudah berusia hampir 10 tahun, "Rainbow Six: Siege" masih memiliki fanbase yang signifikan. "Rainbow Six: Siege" dapat dimainkan di PC (Steam), Xbox One, Xbox Series X|S, PS4, dan PS5.

Tag

Aqila Shafa Arimurti

Pianis, gitaris, bassist, komposer musik gim, fotografer, dan content writer.