Logo PlayStation di Dalam Smartphone. (Foto: gizchina.com)

Sony akan Kembangkan Platform Baru, Bisa Main Gim PlayStation di Smartphone Gratis!

Gaming 23 Mei 2024

Setelah sukses membawa gim eksklusif Sony Interactive Entertainment (SIE) seperti "God of War" dan "Horizon Zero Dawn" ke PC, Sony ingin kembangkan platform baru untuk menjangkau pemain smartphone.

Hal ini dikonfirmasi melalui lowongan kerja SIE yang membutuhkan insinyur perangkat lunak (software engineer) untuk "mengembangkan, menerbitkan, dan mengoperasikan gim mobile F2P [free to play]," menurut laporan TweakTown.

Insinyur yang direkrut oleh SIE bertanggung jawab atas desain serta pengembangan platform gim PlayStation untuk smartphone. Ia akan bekerjasama dengan tim internal untuk memastikan bahwa gim smartphone terhubung dengan mulus ke layanan PlayStation, serta memenuhi standar kualitas perusahaan.

Berpengalaman di Dunia Smartphone

Tampilan fitur Playstation App. (Foto: gamerant.com)

Sony telah terjun ke pasar smartphone sejak tahun 2011 dengan PlayStation App yang berfungsi sebagai remote control serta memiliki fitur komunitas PlayStation Network, dan dikembangkan oleh PlayStation Mobile Inc.

Berbeda dengan PlayStation App, platform baru ini memungkinkan penggemar gim PlayStation untuk bermain melalui berbagai platform, termasuk konsol dan smartphone.

Sesuai Keinginan Mantan CEO SIE

Sebelumnya, mantan CEO SIE Jim Ryan ungkap keinginannya untuk menjangkau pemain PC dan smartphone pada tahun 2022.

"Dengan berekspansi ke PC dan mobile...kami memiliki peluang untuk beralih dari situasi di mana kami hanya hadir di segmen yang sangat sempit dari keseluruhan pasar gim, menjadi hadir di hampir semua tempat," kata Ryan, dikutip oleh Yahoo!.

Persaingan Sony dan Microsoft Berlanjut

Tidak hanya Sony, Microsoft juga tengah mengembangkan app store gim Xbox untuk smartphone, yang akan rilis Juli tahun ini, menurut Gizchina. Ke depannya, persaingan antara Sony dan Microsoft diperkirakan akan semakin sengit.

Tag

Aqila Shafa Arimurti

Pianis, gitaris, bassist, komposer musik gim, fotografer, dan content writer.