Hermen Hulst (kiri) dan Hideaki Nishino (kanan), CEO baru Sony Interactive Entertainment. (Foto: gameinformer.com)

Sony Interactive Entertainment Segera Angkat 2 CEO Baru Juni 2024, Ini Profilnya!

Gaming 16 Mei 2024

Hari Senin (13/5) waktu Pasifik, Sony Interactive Entertainment (SIE) menunjuk Hideaki Nishino sebagai CEO Platform Business Group SIE, dan Hermen Hulst sebagai CEO Studio Business Group SIE, efektif tanggal 1 Juni.

Kabar ini datang setelah pensuinnya CEO SIE Jim Ryan pada Maret tahun ini, setelah 30 tahun mengabdi di perusahaan tersebut.

Hiroki Totoki Jadi CEO Sementara SIE

Sejak 1 April, ketua SIE Hiroki Totoki memegang posisi CEO sementara SIE. Totoki juga merupakan presiden, COO, dan CFO Sony Group Corporation.

Hiroki Totoki. (Foto: asia.nikkei.com)

Beliau akan melanjutkan perannya sebagai ketua SIE saat Nishino dan Hulst telah resmi menjadi CEO. Nishino dan Hulst akan melapor kepada Totoki dan "berkolaborasi erat untuk memperkuat setiap bisnis inti sekaligus memaksimalkan sinergi di SIE," sebagaimana dikutip dari ANN.

Profil Hideaki Nishino

Saat ini, Nishino menjabat sebagai wakil presiden senior (SVP) untuk Platform Experience Group (PEG). PEG bertanggung jawab untuk mengembangkan perangkat keras dan layanan PlayStation, seperti PlayStation 5, PlayStation VR2, dan PlayStation Network.

Hideaki Nishino. (X/@Zuby_Tech)

Sebagai CEO Platform Business Group, Nishino akan melanjutkan tanggung jawab tersebut serta mengawasi hubungan penerbit, pengembang pihak ketiga, serta penjualan dan pemasaran perangkat keras, layanan, dan periferal.

"Saya merasa terhormat telah ditunjuk untuk memainkan peran penting bersama Hermen [Hulst]," tutur Nishino dalam siaran pers SIE. "Dengan bekerjasama lebih erat, kami akan diposisikan untuk membangun pengalaman luar biasa bagi audiens yang terus bertambah saat ini dan di masa depan."

Profil Hermen Hulst

Hulst saat ini menjabat sebagai wakil presiden senior (SVP) dan ketua PlayStation Studios. Timnya bertanggung jawab untuk mengembangkan konten di berbagai konsol gim termasuk PlayStation dan PC, serta membawa kekayaan intelektual (IP) gim SIE ke media lain, seperti TV dan film, via PlayStation Productions.

Gim yang telah dikembangkan PlayStation Studios termasuk "God of War", "Ghost of Tsushima", dan seri "Helldivers". PlayStation Productions juga sukses mengadaptasi "The Last of Us" dalam bentuk serial televisi tahun 2023.

Hulst dan Figurin "Horizon Zero Dawn", Gim yang Dipublikasikan oleh SIE. (Foto: keengamer.com)

Sebagai CEO Studio Business Group, Hulst tetap bertanggung jawab atas pengembangan, penerbitan, dan operasi bisnis IP SIE.

"Saya sangat bersemangat untuk memimpin Studio Business Group dan terus membangun kesuksesan kami dengan PlayStation 5, sambil mempersiapkan untuk masa depan," ucap Hulst.

Tag

Aqila Shafa Arimurti

Pianis, gitaris, bassist, komposer musik gim, fotografer, dan content writer.