Logo "Google for India" 2019. (Foto: indiatoday.in)

Google Dikonfirmasi Akan Produksi Ponsel Google Pixel di India

Teknologi 26 Mei 2024

Google akan investasi miliaran dolar AS untuk mendukung produksi smartphone Google Pixel di negara bagian Tamil Nadu, India.

Melansir Economic Times India, hal ini telah dikonfirmasi oleh Menteri Utama Tamil Nadu, M.K. Stalin, Jumat (24/5) lalu.

Sebelumnya, Google pernah menyatakan rencana untuk produksi ponsel di India pada acara "Google for India" tahun 2023. Namun, pada saat itu, kota tempat produksi masih belum terungkap.

Mengapa Produksi di India?

Keputusan ini bertujuan untuk diversifikasi lokasi manufaktur Google Pixel ke luar Tiongkok, yang kini di bawah tekanan geopolitik. Perusahaan smartphone lainnya seperti Samsung dan Apple juga telah melakukan hal yang sama.

Google juga sedang menangkap tren pasar India yang mana permintaan untuk smartphone premium semakin tinggi. India juga merupakan negara dengan pasar smartphone kedua terbesar di dunia.

Menguntungkan Masyarakat dan Industri Tamil Nadu

Informasi lebih lanjut datang dari orang yang familiar dengan rencana ini namun ingin tetap anonim, menurut Moneycontrol, pusat media bisnis asal India.

Menurut sumber tersebut, Menteri Industri T.R.B. Rajaa serta beberapa eksekutif senior pemerintah daerah Tamil Nadu telah bertemu dengan eksekutif Google di California, AS, untuk membahas kemungkinan produksi smartphone Google di Tamil Nadu.

Untuk mengeksekusi keputusan ini, Google berencana untuk bermitra dengan Foxconn, produsen smartphone asal Taiwan. Foxconn dikenal sebagai produsen iPhone dan memiliki banyak pabrik di berbagai belahan dunia, termasuk Tamil Nadu, India.

Laporan Bloomberg tambahkan bahwa pergerakan ini akan menguntungkan Tamil Nadu, yang kini berfokus untuk kembangkan industri manufaktur menjadi lebih maju.

Tag

Aqila Shafa Arimurti

Pianis, gitaris, bassist, komposer musik gim, fotografer, dan content writer.