Ilustrasi Tiktok. Foto: Freepik

TikTok Uji Coba Unggah Video 60 Menit, Siap Bersaing dengan YouTube?

Teknologi 18 Mei 2024

Hai, MedForians! Ada kabar terbaru dari TikTok nih, yang pastinya bikin penasaran banget! TikTok baru-baru ini telah memberikan konfirmasi kepada TechCrunch bahwa TikTok sedang menguji kemampuan untuk mengunggah video berdurasi hingga 60 menit. Fitur ini masih dalam tahap uji coba dan hanya tersedia untuk sejumlah pengguna terbatas di beberapa pasar tertentu. Jadi, jangan harap bisa langsung cobain ya!

Pergeseran dari Video Pendek ke Video Panjang

Dikutip dari GSM Arena, Jumat (17/5) kemarin, kabar ini pertama kali dibocorkan oleh konsultan media sosial terkenal, Matt Navarra. Menariknya, fitur ini menunjukkan pergeseran besar dari format asli TikTok. Awalnya, TikTok dikenal dengan video pendek berdurasi 15 detik. Namun, seiring berjalannya waktu, batas durasi video terus diperpanjang. Kira-kira apa ya tujuannya? Tentu saja untuk bersaing dengan YouTube, salah satu platform video terbesar yang menjadi pesaing terbesar bagi TikTok

Kenapa sih Formatnya Harus Video Panjang?

Menurut TikTok, banyak kreator yang meminta lebih banyak waktu untuk membuat konten seperti demo masak, tutorial kecantikan, pelajaran edukasi, sketsa komedi, dan lain-lain. Nah, dengan adanya fitur video 60 menit ini, para kreator bisa lebih leluasa bereksperimen dengan jenis konten baru atau memperluas konten serta pasar mereka.

Apa Pengaruh Fitur ini ke Dunia Hiburan?

Tahun lalu, salah satu konten kreator bernama Peacock mengunggah episode pertama "Killing It" di TikTok yang dipecah dalam lima bagian. Jika fitur ini diluncurkan, para konten kreator tidak akan repot untuk memecah episode lagi. Tentunya, ini juga dapat menjadi peluang untuk channel TV agar mengunggah acara TV mereka di TikTok, sama seperti yang mereka lakukan di YouTube.

Akankah Fitur ini Diluncurkan Secara Luas?

Seperti fitur uji coba lainnya, masih belum jelas waktu resmi peluncuran fitur ini secara luas. Jadi, buat kalian yang penasaran, jangan lupa untuk tetap stay tuned dan siap-siap menyambut fitur keren ini kalau beneran dirilis!

Nah, gimana menurut MedForians? Apakah video panjang di TikTok bakal seseru video pendeknya? Yuk, share pendapat kalian di kolom komentar!

Tag

Elin

Just a (future) girl engineer who likes to write anything