Promotional art 'Towa Tsugai'. Sumber: Situs Resmi

'Towa Tsugai', Game Besutan Square Enix Tutup Layanan Juli 2024

Gaming 20 Mei 2024

Pada 17 Mei lalu, Square Enix mengumumkan bahwa layanan game mobile Towa Tsugai akan ditutup pada 23 Juli melalui situs dan akun X resminya. 'Stage Towa Tsugai II,' bagian kedua dari stage play Towa Tsugai juga akan berakhir pada 23 Juli, di mana akan ada hitung mundur penutupan gamenya di tempat stage play tersebut berlangsung.

Pengumuman penutupan layanan game 'Towa Tsugai' oleh Square Enix. Sumber: Kanal X Resmi

Dikutip dari Anime News Network, Square Enix masih akan merilis beberapa potongan cerita baru sebelum layanan game ini ditutup, yakni pada 20 Mei, 19 Juni, dan 3 Juli. Sebuah "bagian akhir" dari storyline yang ada di game juga akan dirilis pada 17 Juli, enam hari sebelum layanan 'Towa Tsugai' akan ditutup.

Meski Layanan Tutup, Cerita Harus Tetap Lanjut!

Pengumuman pre-registrasi situs 'Towa Tsugai Fans'. Sumber: Kanal X Resmi

Yoshiya Fujimoto, produser dari Towa Tsugai menyampaikan bahwa meski layanan game ini akan ditutup, Towa Tsugai akan terus ada dan berkembang berkat dukungan para penggemar selama ini. Oleh karena itu, Square Enix juga akan meluncurkan 'Towa Tsugai Fans,' sebuah situs komunitas penggemar di mana cerita-cerita resmi yang memperluas storyline gamenya akan hidup berdampingan dengan karya-karya penggemar.

Cerita resmi yang akan dirilis di situs Towa Tsugai Fans akan disusun skenarionya oleh Nao Hakumoto (ILCA) dan dianimasikan oleh Spine Animation. Tak hanya itu, cerita-cerita tersebut juga akan disuarakan oleh pengisi suara yang sama dengan gamenya. Penggemar dapat melakukan pre-registrasi dari 17 Mei hingga 21 Juli, di mana penggemar akan diberikan sejumlah koin berdasarkan jumlah orang yang melakukan pre-registrasi, dari 1.000 koin untuk 10.000 orang hingga 3.000 koin untuk 20.000 orang.

Kenali Gamenya Lebih Baik

Video promosional game 'Towa Tsugai'. Sumber: Kanal YouTube Resmi

Plot game ini meliputi dunia yang diinvasi oleh "Laut Hitam," yang membuat makhluk-makhluk aneh bernama "Iblis Buas" bermunculan dari laut-laut yang terkontaminasi. Sebuah organisasi bernama "CAGE" (Sarang) didirikan untuk melawan iblis-iblis tersebut, terutama "Penyihir-Penyihir Malapetaka"—makhluk paling menyeramkan dari Laut Hitam tersebut. Gadis-gadis "Tori" (Burung) di bawah CAGE akan mempertaruhkan hidupnya di garda depan, dengan dukungan oleh "Tsugai" (Pasangan) mereka satu-satunya.

Game ini digadang-gadang sebagai "couple-training battle fantasy RPG," di mana pemain harus mempererat hubungan antara karakter Tori dan pasangan Tsugai mereka untuk meningkatkan kesempatan menang. Jika pemain memperkuat Tori dan mempererat hubungan Tori dan Tsugai-nya secara bersamaan, pemain akan bisa mengikuti cerita-cerita spesial tentang kedua karakter tersebut. Combat game ini menggunakan sistem turn-based dengan batasan waktu, di mana ia juga memiliki mode auto yang diprogram untuk menyerang musuh secara otomatis.

Sayangnya, sejak game ini dirilis pada 16 Februari 2023 hingga game ini ditutup, game ini hanya tersedia di Jepang. Bagi MedForians yang sedang berada di Jepang dan ingin mencoba game ini sebelum layanannya ditutup, kalian masih bisa mengunduh game ini melalui Play Store dan App Store.

Tag

Putra

Penggemar anime, K-Pop, dan teknologi.