tvOne Resmi Luncurkan Portal Berita AI Pertama di Indonesia

Media 26 Mei 2024

Teknologi Artificial Intelligence atau lebih dikenal dengan AI kini sudah merambah ke berbagai hal, termasuk salah satunya ke dalam bisnis media, khususnya portal berita online. Kali ini, salah satu perusahaan besar media penyiaran asal Indonesia, tvOne resmi meluncurkan perdana portal berita berbasis AI.

Sebagaimana dikutip dari Viva News dan tvOne News, Sabtu (26/5), portal berita yang dapat men-generate kontennya dengan bantuan artificial intelligence (AI) itu bernama tvOne.AI. MedForians dapat mengakses portal berita melalui laman www.tvone.ai sejak dirilis tanggal 20 Mei lalu.

Kehadiran portal berita tvone.ai ini mengukuhkan posisi pentingnya AI di perusahaan media milik Bakrie tersebut. Setahun lalu sebelumnya, tvOne juga meluncurkan presenter AI pertama di Indonesia dan kini ringkasan berita bisa dilakukan oleh portal tvOne.ai dengan mengetik berita apa yang diinginkan melalui chat bar di landing pagenya. Ringkasan berita akan muncul dalam hitungan detik, dan dapat dibagikan dengan meng-klik menu “copy”.

“Ini akan menjadi cara baru pembaca, menikmati berita. Keterbatasan waktu, dan keinginan pembaca untuk mengetahui berita secara ringkas tentu jadi pertimbangan kami meluncurkan portal berita berbasis AI ini,” kata Taufan Eko Nugroho, Direktur Utama tvOne.

Taufan menjelaskan peluncuran portal berita AI pertama di Indonesia ini mengambil momen hari kebangkitan nasional untuk menandai kebangkitan jurnalisme dan teknologi AI di Indonesia.

Basis data yang digunakan sangat kredibel, yakni dari viva.co.id dan tvonenews.com, membuat pembaca mendapatkan berita yang sudah terverifikasi di news room kedua portal berita tersebut.

Pengembangan media berbasis AI yang akan diluncurkan ini tentu tidak berhenti sampai di sini. 

“Kami akan terus mengembangkan banyak tools AI ke dalam newsroom kami dan mengeluarkan produk-pruduk yang makin memudahkan konsumen media mengonsumsi media. Ini juga bagian dari komitmen group untuk tetap menjadi power house dalam pengembangan media dan teknologi khususnya AI di Indonesia," tambah Taufan.

Taufan juga mengungkapkan bahwa pihaknya akan terus mengembangkan banyak tools AI ke dalam newsroom, dan mengeluarkan produk-pruduk yang makin memudahkan konsumen mengonsumsi media.

“Ini juga bagian dari komitmen group untuk tetap menjadi power house dalam pengembangan media dan teknologi khususnya AI di Indonesia,” pungkasnya.

Tag

Visio

Hanya seorang eks budak korporat yang menyukai game, manga, anime.