Penampilan Jakarta Keion Club di Harumatsuri 18 (Foto: Redaksi Media Formasi/Abdurrahman Ari Prasetya)

Wawancara dengan Jakarta Keion Club: Komunitas Pencinta Musik dari Jepang!

Pop Kultur 29 Mei 2024

Pada acara Harumatsuri yang diselenggarakan pada tanggal 25 Mei 2024 lalu, kami dari #MedForSquad berkesempatan untuk mewawancarai salah satu bintang tamu, yaitu Jakarta Keion Club.

Bagi kalian yang sudah sering berkunjung ke acara pop kultur Jepang, pasti sudah tak asing lagi dengan Jakarta Keion Club. Sebenarnya siapa sih Jakarta Keion Club itu? Apakah mereka semacam band atau idol? Yuk, kenal lebih dalam!

Apa itu Jakarta Keion Club?

Jakarta Keion Club (JKC) merupakan sebuah komunitas pencinta musik beranggotakan warga negara Jepang yang berada di Indonesia, khususnya di Jakarta dan sekitarnya. Komunitas ini dibentuk sejak tahun 2005, namun sudah tidak banyak anggota yang tergabung.

JKC terdiri dari beberapa band dengan genre musik yang beragam, seperti J-Pop, Rock Indonesia, Rock Jepang, Anime Song, Jazz, dan lain-lain. JKC berdiri berlandaskan hobi dari seluruh anggotanya dan murni untuk menghibur para penontonnya.

Nah, ada hal yang unik dari historis terbentuknya Jakarta Keion Club, yaitu komunitas ini bermula dari mengisi acara pernikahan rekan atau teman sejawatnya dengan bermain musik bersama. Lalu, mulai tercetus komunitas bagi pencinta musik untuk warga negara Jepang yang sedang menetap di Indonesia.

JKC menjadi wadah bagi warga negara Jepang yang ingin bermain musik di sekitar Jakarta. Hal itulah yang membuat JKC dapat bertahan hingga saat ini. Wah, keren, ya!

Tanggapan Jakarta Keion Club Tentang Event Pop Kultur Jepang

Saat #MedForSquad bertanya mengenai perasaan JKC sebagai warga Jepang yang berkarya Indonesia, mereka senang dan bangga karena lagu-lagu yang berasal dari negara asalnya banyak dinikmati oleh warga Indonesia.

"Senang. Senang karena lagu-lagu negara saya, negara Jepang, dinikmati penggemar-penggemar Indonesia yang suka budaya Jepang," tutur salah satu anggota JKC.

Tak hanya itu, mereka selalu menghargai berbagai acara yang mengundang JKC sebagai salah satu bintang tamu. Karena meskipun mereka amatir, penyelenggara event Jepang konsisten untuk mengundang mereka guna meramaikan suasana. Respect!

Kendala yang Dialami Jakarta Keion Club

Mereka menyatakan secara terus terang bahwa sering kali kesulitan berbahasa menjadi hambatan dalam penampilan mereka. Dalam penuturannya, mereka menjelaskan jika ada anggota yang baru saja tinggal di Indonesia akan kesulitan dalam berkomunikasi. Berbeda dengan anggota lain yang sudah lama menetap di Indonesia.

"Bahasa. Bagi MC atau vokalis yang sudah lama di sini (Indonesia), mungkin tidak terlalu sulit. Tapi, bagi orang yang masih belum bahasa Indonesia atau Inggris agak susah untuk diajak meramaikan. Tapi, nggak terlalu susah-susah banget," terangnya.

Selain itu, selama JKC berdiri tidak ada problematika yang terjadi. Namun, saat masa pandemi Covid-19 itu menghambat mereka untuk bertemu dan tampil dalam beberapa acara.

Bagaimana Cara Bergabung di Jakarta Keion Club?

Semua warga Jepang yang sedang menetap di Indonesia dan memiliki kecintaan terhadap seni musik, sangat diperbolehkan untuk bergabung dalam JKC. Karena Jakarta Keion Club menjadi sebuah wadah bagi warga Jepang yang ingin berkarya melalui seni musik di Indonesia.

Caranya? Hanya tinggal mengontak narahubung yang telah disebar di berbagai platform media, seperti bio Instagram dan lainnya. Jakarta Keion Club juga memiliki tips untuk menjaga solidaritas serta kekompakan antar anggotanya, yakni harus menyatukan atau menyamakan visi agar bisa bermain musik dan bersenang-senang bersama.

Keren, ya? Berawal dari perkumpulan pencinta musik biasa, lambat laun menjadi band berbasis komunitas yang sudah lama berdiri dan digemari oleh banyak orang. Semoga komunitas seperti Jakarta Keion Club dapat terus berkarya di dunia Jejepangan ini.

Tag