Yuka penyanyi lagu "Baby you" (Foto: Redaksi Media Formasi)

Wawancara Yuka, Sang Penyanyi Lagu "Baby you" yang Sempat Viral di TikTok

Pop Kultur 31 Mei 2024
Baby you, baby you kirai ni nacchau yo
Kirakira kirakira shinaide
Hanaretete mo nani o shitete mo kimi ga iru
Honey

Apakah MedForians merasa familiar dengan potongan lirik ini? Yups, lirik tersebut merupakan lagu berjudul "Baby you" yang ditulis dan dinyanyikan oleh musisi asal Jepang bernama Yuka.

Lagu "Baby you" sempat viral di TikTok hingga mendapatkan rekor pada kategori TikTok Weekly Top 20 pada Maret 2023 lalu. Kali ini, #MedForSquad berkesempatan mengadakan sesi wawancara bersama Yuka saat berada di Indonesia, lho. Wah, ngobrolin apa saja ya? Yuk, simak!

"Baby you" Viral di TikTok

Lagu "Baby you" mulai dikenal oleh masyarakat luas, khususnya di luar Jepang, berkat kepopulerannya di aplikasi TikTok. Bahkan beberapa influencer juga ramai mengikuti tren challenge video menggunakan musik "Baby you" sebagai latarnya.

Indonesia menjadi negara di luar Jepang yang pertama kali mempopulerkan "Baby you". Karena itu, Yuka berkunjung ke Indonesia untuk mengucapkan terima kasih kepada influencer dan masyarakat lainnya yang ikut meramaikan lagunya.

Terdapat fakta unik tentang "Baby you", lho. Ternyata, lagu ini merupakan major debut pertama kali dengan Takahito Uchisawa. Dan Yuka ingin membuat lagu yang mudah diingat oleh banyak orang.

Pengaruh dari Lagu "Baby you"

Bagi Yuka, "Baby you" memiliki pengaruh yang cukup besar dalam karirnya. Saat ditanya oleh #MedForSquad, ia mengungkapkan perasaannya setelah lagu tersebut viral.

"Semua followers dan kolom komentarnya ramai dengan orang dari luar negeri dan itu membuatku merasa sangat senang," ungkapnya.

Tak hanya itu, ia juga bercerita tentang pengalamannya di bar bernuansa J-Pop untuk menyanyikan "Baby you".

"Beberapa waktu lalu, aku sempat ke bar J-Pop dan bernyanyi di sana. Menyanyikan lagu 'Baby you'. Ternyata orang benar-benar tahu lagu 'Baby You'. Bukan tahu (kenal) penyanyinya, tapi lebih tahu lagunya," ujarnya.

Kenalan dengan Musisinya, yuk!

Yuka merupakan seorang penyanyi dan penulis lagu yang gemar membuat lagu sambil bermain piano. Sebelum ia meniti karirnya seperti sekarang, Yuka berprofesi sebagai pekerja kantoran karena janjinya kepada keluarga. Namun, sudah lama Yuka ingin menjadi musisi karena dia pun menyukai musik. Karena itu, ia kembali melanjutkan mimpinya.

Dalam sesi wawancara, Yuka mengungkapkan bahwa penggemarnya menggambarkan Yuka sebagai matahari dibandingkan bulan. Karena mayoritas lagunya merupakan lagu bernada happy, ceria, dan cerah.

"Semua penggemarku bilang matahari. Antara bulan dan matahari, lebih ke matahari. Karena kebanyakan laguku itu lagu happy, jadi lebih ceria dan cerah," jelasnya.

Yuka memiliki keinginan untuk bersemangat menulis lagu lagi. Karena dengan booming-nya lagu "Baby you", ia mengetahui bahwa melalui musik tidak terpengaruh dengan bahasa. Semua orang dapat menikmati lagunya tanpa terkendala dengan perbedaan bahasa.

Tanggapan Yuka tentang Penggemar dari Indonesia

Yuka sangat senang karena setiap orang yang ia temui, selalu menyambutnya dengan akrab. Meskipun lagu "Baby you" sudah dirilis sejak 1 tahun lalu, mereka masih mengingatnya. Ada sebuah lagu yang ia rekomendasikan kepada para penggemarnya untuk didengar tentang perayaan ulang tahun dengan tajuk "Birthday Song" .

Yuka berterus terang bahwa ia sangat ingin menghadiri dan tampil dalam acara-acara pop kultur Jepang di Indonesia. Jadi, jika ada teman atau kenalan yang ingin mengundang Yuka, dipersilakan olehnya.

Kesulitan yang Dialami

"Kesulitannya itu membiasakan diri untuk bermain piano sambil bernyanyi, terutama tangan kananku terbiasa bermain melodi," ungkapnya dengan jujur.

Ternyata memang sulit ya untuk bermain piano sekaligus bernyanyi. Kira-kira ada nggak nih MedForians yang kesulitannya seperti Yuka?

Wah, seru sekali ya bisa mengenal pelantun lagu "Baby you" secara lebih dalam. Ditunggu untuk karya-karya berikutnya ya, Yuka! Dan jangan lupa ikuti terus akun media sosial dari Yuka agar tidak tertinggal info tentang lagu barunya ya, MedForians!

Tag