Gambar Beberapa Karakter di Webtoon "Covenant". (Sumber: theouterhaven.net)

WEBTOON Dikritik Kreator "Covenant" karena Hapus Promosi Edisi Fisik dalam Komik Webnya

Pop Kultur 6 Mei 2024

Penulis sekaligus penggambar komik "Covenant", LySandra Vuong, tabur kritik kepada penerbit komik web WEBTOON karena menyusahkan Vuong untuk mengiklankan edisi fisik dari komiknya.

Vuong menceritakan hal ini melalui X (Twitter) pribadinya, @explodikid_.

Vuong menerangkan bahwa bagian episode komik yang mengiklankan komik fisik "Covenant" terpotong saat tayang di WEBTOON.

Nama-nama asistennya juga ikut terhapus.

Dikritik, Apa Kata WEBTOON?

Dilansir melalui Anime Corner, WEBTOON tidak menyebut kasus ini secara spesifik, namun mengatakan bahwa mereka akan terus mengevaluasi aturan yang berlaku mengenai 'iklan in-episode' agar dapat menguntungkan para kreator.

Berikut adalah respons dari representatif WEBTOON, Sabtu (4/5):

Menyediakan platform bagi Kreator untuk membangun fandom global dan menghasilkan uang adalah prioritas utama kami di WEBTOON. Kami memiliki kebijakan tentang periklanan dan promosi dalam serial. Kami menawarkan banyak ruang di dalam platform yang memungkinkan Kreator mempromosikan karya mereka di luar platform dan berbagi informasi penting terbaru kepada penggemar, termasuk Catatan Penulis dan Profil Kreator. Kreator dapat menggunakan Profil Kreator untuk mempromosikan proyek apa pun selama konten postingan mematuhi pedoman komunitas. Ini dapat mencakup tautan penjualan langsung di bio mereka.
Kami sedang meninjau proses kami untuk memastikan kebijakan periklanan dalam episode kami jelas dan konsisten, serta cara agar kami dapat lebih mendukung pembuat konten untuk mempromosikan karya mereka di dalam dan di luar WEBTOON.

Miskomunikasi antara Penerbit dan Kreator?

Mengomentari tanggapan WEBTOON, Vuong menceritakan keluhan mengenai komunikasi antara WEBTOON dan para kreator.

"Saya tidak pernah mengetahui adanya 'kebijakan jangka panjang' selain panjang kartu judul saya tidak boleh melebihi 1000 piksel," tuturnya.

"Saya hanya ingin rekan-rekan saya dan saya sendiri diperlakukan dengan adil dan diizinkan untuk mempromosikan buku kami di episode kami kepada audiens yang telah kami bangun dengan susah payah, yang selalu diizinkan di platform sebelum kejadian ini."

Kurangnya Dukungan kepada Kreator

Vuong juga mengklaim bahwa WEBTOON kurang memberikan dukungan secara umum terutama terkait pendapatan finansial terhadap para kreator. Ia mengaku bahwa ini mulai berdampak ke kesehatan mentalnya.

Vuong diinstruksikan untuk promosi komik fisiknya melalui Profil Kreator, yang bekerja seperti media sosial. Namun, solusi ini tidak efektif karena 700 ribu orang mengikuti "Covenant", namun hanya 11 ribu orang mengikuti profil Vuong.

"Covenant" merupakan komik web yang aslinya berbahasa Inggris. Komik ini mulai dipublikasikan sebagai WEBTOON Original Series sejak Agustus 2020. Sejak itu, "Covenant" meraup 24,8 juta views.

Oni Press akan luncurkan edisi fisiknya tanggal 14 Mei mendatang.

Tag

Aqila Shafa Arimurti

Pianis, gitaris, bassist, komposer musik gim, fotografer, dan content writer.