Pelanggan Amazon Japan tidak bisa lagi melakukan pembayaran COD (Foto: Nikei Asia)

Amazon Japan Hapus Metode Pembayaran COD, Kenapa?

Teknologi 9 Jun 2024

Pada akhir bulan Mei, Amazon Japan mengumumkan rencana perubahan kebijakan metode pembayaran dengan menghapus opsi cash on delivery (COD) bagi pembelinya.

Amazon Japan mengumumkan penghapusan metode pembayaran COD pada forum diskusi di laman Sellercentral. Kebijakan ini sudah berlaku sejak Kamis (06/06).

Tidak ada alasan spesifik mengapa metode pembayaran COD dihapus. Namun, kebijakan ini diambil Amazon Japan untuk meningkatkan mutu pengalaman transaksi antara penjual dan pembeli.

COD Hilang, Siapa yang Dirugikan?

Hilangnya metode pembayaran COD sebenarnya tidak terlalu mempengaruhi penjual maupun pembeli, terutama mereka yang selalu menyelesaikan transaksinya dengan menggunakan kartu kredit.

Bahkan salah satu penjual meninggalkan komentar di forum diskusi sellercentral justru mengkritik lambannya keputusan amazon dalam menghilangkan metode COD.

Menurutnya, kasus penyalahgunaan COD sudah banyak terjadi sejak 10 tahun yang lalu dan merugikan baik penjual maupun pembeli. Seharusnya, Amazon Japan langsung bertindak kala itu.

Komentar salah satu penjual di forum diskusi sellercaller.amazon.co.jp (terjemahan google)

Namun disatu sisi, hilangnya metode pembayaran COD mungkin saja merugikan segmen pembeli tertentu. Contohnya, mereka yang tidak memiliki ataupun tidak bisa memiliki kartu kredit.

Melansir dari soranews24, hilangnya metode COD kemungkinan akan merugikan pelanggan asing yang sementara menetap di Jepang dan tidak memiliki kartu kredit.

Pengajuan kartu kredit bagi warga asing di Jepang bukan suatu hal yang dilarang atau tidak bisa dilakukan. Bisa, namun sulit.

Tidak jarang bank melihat warga asing yang menetap secara sementara sebagai credit risk karena pekerjaan mereka yang cenderung berpenghasilan rendah ataupun tidak menentu.

Oleh karena itu, bank akan sulit mengabulkan pengajuan kartu kredit bagi warga asing yang tidak permanen tinggal di Jepang.

Alternatif Pembayaran Tunai selain COD

Walaupun demikian, Amazon Japan tidak sepenuhnya menghilangkan metode pembayaran secara tunai. Masih ada metode lain yang bisa dipilih pelanggan untuk menyelesaikan transaksi mereka

Bagi pelanggan yang tidak punya kartu kredit, mereka bisa menyelesaikan transaksi mereka dengan melakukan pembayaran di minimarket terdekat ataupun transfer via bank.

Kekurangan dari kedua alternatif ini adalah:

  1. Pelanggan harus keluar rumah dan mengunjungi minimarket untuk menyelesaikan transaksi, tidak seperti COD yang praktis langsung dibayarkan di lokasi ketika barang sampai.
  2. Pembayaran menggunakan metode transfer bank, umumnya akan dikenakan biaya layanan tambahan. Sehingga, total tagihan dapat sedikit bertambah.

Tag