Anime "Totto-Chan: The Little Girl at the Window" yang Berhasil Meraih Penghargaan Festival Film Internasional Annecy. Foto: IMDdb

Anime "Totto-Chan: The Little Girl at the Window" Raih Penghargaan di Festival Film Internasional Annecy

Pop Kultur 17 Jun 2024

Festival Film Animasi Internasional Annecy yang berlangsung tahun ini telah mengumumkan pemenang-pemenangnya pada hari Sabtu (15/6) lalu. Salah satu pemenang utamanya adalah "Totto-Chan: The Little Girl at the Window" (Madoigwa no Totto-chan), yang berhasil memenangkan Paul Grimault Award (salah satu penghargaan spesial untuk penghargaan Feature Film).

Dilansir dari Anime News Network, Festival Annecy tahun ini berlangsung dari tanggal 9-15 Juni di kota Annecy, Prancis. Festival Annecy merupakan festival film animasi tertua dan terbesar di dunia yang didirikan pada tahun 1960,. Tahun depan, festival ini akan diadakan di negara Hungaria.

Pada tahun lalu, Paul Grimault Award dimenangkan oleh film anime karya Tomohisa Taguchi berjudul "The Tunnel to Summer, The Exit of Goodbyes". Anime tersebut diadaptasi dari novel dewasa muda karya Mei Hachimoku dan Kukka yang berjudul "Natsu e no Tunnel, Sayonara no Deguchi."

Asal muasal Film "Totto-Chan: The Little Girl at the Window"

Film anime Totto-Chan: The Little Girl at the Window diadaptasi dari buku memoar autobiografi karya Tetsuko Kuroyanagi berjudul "Madoigwa no Totto-chan" dan film ini diproduksi oleh Shinei Animation. Animasi ini tayang di Jepang pada 8 Desember 2023. Buku memoar karya Kuroyanagi tersebut menceritakan pengalamannya bersekolah di Tomoe Gakuen setelah dikeluarkan dari Sekolah Dasar sebelumnya. Di sekolah baru ini, ia bertemu teman-teman yang unik dan belajar banyak hal baru, bahkan saat Jepang sedang berada di masa perang. Buku ini pertama kali diterbitkan di Jepang pada tahun 1981 dan langsung menjadi buku terlaris pada saat itu. Pada tahun 1980-an, buku ini menjadi bacaan wajib bagi siswa Sekolah Dasar di Jepang dan telah diterjemahkan ke dalam banyak bahasa, termasuk bahasa Inggris.

Film Animasi Lain yang Ikut Berkompetisi di Penghargaan Festival Annecy

Selain film Totto-chan, film stop-motion asal Australia berjudul "Memoir of a Snail" karya Adam Elliot juga memenangkan penghargaan utama, Cristal Award untuk penghargaan Feature Film.

Film produksi bersama dari Latvia, Belgia, dan Prancis yang berjudul "Flow", yang disutradarai oleh Gintz Zilbalodis, membawa pulang banyak penghargaan seperti Penghargaan Juri, Penghargaan Gan Foundation untuk Distribusi, Penghargaan Pemirsa, dan Penghargaan Musik Orisinil Terbaik untuk Feature Film.

Beberapa anime lain yang turut berkompetisi dalam kategori feature film adalah "Ghost Cat Anzu", "The Colors Within", dan "The Imaginary". Namun, tidak semuanya berhasil meraih penghargaan.

Dalam kategori Feature Film Contrechemp, film "The Birth of Kitarō: The Mystery of Gegege" (Kitarō Tanjō: Gegege no Nazo) turut bersaing, meski pemenangnya adalah film Living Large.

Di kategori Film TV, "Pokémon Concierge" dan "Zom 100: Bucket List of the Dead" ikut bersaing namun sangat disayangkan keduanya tidak memenangkan penghargaan.

Sementara itu, "Kawauso" dan "Miserable Miracle" karya Akihito Izuhara, produksi bersama antara studio Jepang, Prancis, dan Kanada, berkompetisi dalam kategori Short Film namun juga tidak berhasil meraih penghargaan.

Untuk kategori Graduation Film, film karya Masataka Kihara yang berjudul "Yapolaponky" dan karya Lindong Chen yang berjudul "Return" juga ikut berkompetisi namun tidak membawa pulang penghargaan.

Film pendek "My Inner Ear Quartet" karya Koji Yamamura, sutradara yang pernah dinominasikan untuk Oscar, bersaing dalam kategori VR Works, namun Cristal Award untuk Karya VR Terbaik dimenangkan oleh "Gargoyle Doyle".

Tag

Elin

Just a (future) girl engineer who likes to write anything