Tampilan terbaru dari Apple CarPlay yang akan dirilis pada akhir tahun ini (Foto: Apple)

Apple Pamerkan CarPlay Generasi Terbaru di Ajang WWDC 2024

Otomotif 13 Jun 2024

Bagi MedForians, fitur koneksi ponsel ke kendaraan merupakan hal yang dicari-cari ketika ingin meminang kendaraan baru saat ini.

Mencari tempat tujuan dengan peta digital, menonton siaran langsung dari acara kesayangan, maupun hanya sekedar mendengarkan musik dan radio dapat dilakukan hanya dengan menyambungkan ke head unit kendaraan.

Salah satu brand yang menyediakan teknologi tersebut ialah Apple. Brand yang terkenal dengan lini premium dari gawainya ini baru saja memamerkan generasi terbaru dari teknologi CarPlay mereka untuk diintegrasikan ke berbagai produsen otomotif, mengutip dari ArenaEV pada Kamis (13/6).

https://images.macrumors.com/t/TLGNKx__zqsHFAKDtsERyUYj76E=/1600x0/article-new/2024/06/Next-Generation-CarPlay-Design-WWDC-2024-2.jpeg
Gambaran dari Apple CarPlay generasi selanjutnya (Foto: Apple)

Setelah sebelumnya dirumorkan akan merombak besar-besaran teknologi CarPlay ini pada bulan Januari lalu dan diisukan semenjak 2022, teknologi yang telah hadir sejak 2014 ini nantinya akan dapat memberikan pengalaman kustomisasi kendaraan serta integrasi ke berbagai fitur kendaraan tersebut, tergantung kepada produsen untuk memasukkan fitur-fitur dari CarPlay ini.

Dengan semakin banyaknya kendaraan yang menggunakan layar sentuh untuk mengontrol berbagai fungsi vital seperti AC, kontrol media dan lainnya, CarPlay terbaru ini nantinya dapat memberikan kustomisasi lebih jauh.

Salah satu fiturnya seperti menaruh peta digital di bagian depan penumpang, mengubah pengaturan mode berkendara, dan lain sebagainya tanpa harus keluar dari Apple CarPlay.

Beberapa produsen otomotif, seperti Aston Martin dan Porsche, nampaknya bersemangat untuk memanfaatkan teknologi yang dimiliki Apple ini. Namun produsen seperti Mercedes Benz masih ragu untuk ikut serta, karena dianggap teknologi ini dapat menghilangkan brand identity serta kontrol dari produsen ke kendaraan tersebut.

Meskipun belum ada kabar lebih lanjut akan CarPlay terbaru ini, namun melihat keseriusan Apple untuk menggarap teknologi tersebut, nampaknya MedForians tidak harus menunggu lebih lama.

Tag

Naufal Nurihsan Fauzi

Just your ordinary guy, that likes playing games, keen into tech stuff, and (sometimes) designing something.