Bos BBC Tim Davie Peringatkan Masa Depan Lembaga Penyiaran Publik Secara Global: "Ini Menakutkan"

Media 7 Jun 2024

Bos BBC Tim Davie telah mengeluarkan peringatan buruk mengenai masa depan penyiaran layanan publik secara global.

"Menakutkan. Ini benar-benar problematis,” ujarnya sebagaimana dikutip dari Variety dan Hollywood Reporter. “Maksudku tidak sedikit merepotkan. Menurut saya, ini adalah situasi peringatan merah di banyak pasar.”

Davie memperingatkan situasi ini akan semakin buruk karena politik menjadi “lebih terpolarisasi.”

Davie dalam penampilannya juga memuji sektor produksi Inggris atas keberhasilannya, namun juga mencatat bahwa banyak keputusan yang perusahaan buat tidak ekonomis. Meskipun demikian, tujuannya adalah untuk terus membuat dan menayangkan acara-acara populer yang disukai dan disukai pemirsa.

“Kita tidak harus membuat angka-angka tersebut berhasil di setiap acara sebagai lembaga penyiaran publik untuk memastikan acara-acara penting, edukatif, dan lainnya dapat berhasil ke layar," tekan beliau.

Dia juga menggambarkan tujuan inti lembaga penyiaran publik ini adalah mengejar kebenaran, mendukung penyampaian cerita Inggris, dan menyatukan masyarakat. Penggunaan AI dan “algoritme etis” yang proaktif namun penuh pertimbangan juga merupakan bagian dari rencananya untuk BBC.

Davie berbicara hal tersebut di acara Deloitte and Enders Analysis Media & Telecoms 2024 dan Beyond Conference di London pada Selasa (4/6) pagi bersama bos Channel 4 Alex Mahon, direktur pelaksana ITV Studios Julian Bellamy dan Sarah Rose, presiden Channel 5 dan pemimpin regional Paramount di panel berjudul “U.K. television’s digital age.” Panel ini dimoderatori oleh mitra Deloitte, Rupert Darbyshire.

Di antara nama-nama besar lainnya yang hadir pada konferensi Deloitte pada hari Selasa adalah orang-orang seperti Netflix, yang diwakili oleh co-CEO Greg Peters, Andrew Georgiou dari Warner Bros. Discovery, CEO Sky Dana Strong, dan Jan Koeppen dari Walt Disney.

CEO Channel 4 Alex Mahon

Dalam acara tersebut, Mahon juga berbicara tentang “perjuangan untuk kebenaran dan kepercayaan” yang dilakukan oleh lembaga penyiaran layanan publik yang menurutnya adalah sesuatu yang sangat berbeda dengan sesuatu yang dikumpulkan dan disajikan secara algoritmik.

"Lembaga Penyiaran Publik sangat penting bagi kaum muda, mengingat banyaknya disinformasi online. Kita berada dalam era pelepasan demokrasi,” kata Mahon.

Para panelis juga menunjukkan bahwa meskipun selama beberapa tahun terakhir raksasa streaming seperti Netflix, Prime Video, dan Apple mendominasi sektor produksi di Inggris, lembaga penyiaran publik masih menjadi bagian integral dari ekosistem. Bellamy mengatakan bahwa komisi streaming “dilampaui oleh skala besaran dan komisi dari lembaga penyiaran publik” dan menunjuk pada penulis seperti pencipta “Succession” Jesse Armstrong, pencipta “Fleabag” Phoebe Waller Bridge, showrunner “Doctor Who” Russell T. Davies dan Pencipta “Happy Valley” Sally Wainwright sebagai talenta yang telah dibina dan didukung oleh PSB sebelum menciptakan hits global.

Dalam hal ini, panel memperingatkan tentang kepemilikan kekayaan intelektual ketika bekerja pada platform streaming.

“Kecuali Anda memiliki kepemilikan IP, nilainya tidak akan bertahan di negara ini. Kalau tidak, itu adalah pekerjaan yang bisa disewa," pungkas Mahon.

Tag

Visio

Hanya seorang eks budak korporat yang menyukai game, manga, anime.