Model terbaru dari Luxeed, Luxeed S9 (Foto: Huawei / HIMA)

Chery-Huawei Rilis Kamuflase dari Model Luxeed S9

Otomotif 7 Jun 2024

Desas-desus terbaru mengatakan bahwa salah satu produsen otomotif asal Tiongkok, Chery tengah bekerja sama dengan perusahaan teknologi terkemuka Huawei, untuk mengembangkan kendaraan listrik.

Mengutip dari CarNewsChina pada Kamis (06/04), model yang akan dinamai Luxeed S9 ini digadang-gadang menjadi pesaing serius di pasar mobil listrik Tiongkok, yang sebelumnya dikuasai model seperti Tesla Model Y dan Hyundai Ioniq 5.

Teaser dari SUV Luxeed S9 (Foto: Luxeed / HIMA)

Desain Sporty nan Gagah

Berbasis pada platform E0X dari Chery, model Luxeed S9 mengambil garis desain dari adiknya, Luxeed S7, dengan lampu LED tipis yang ditandem dengan light strip yang melintang dari ujung ke ujung bemper depan.

Fitur lainnya pada mobil ini yakni lubang udara berbentuk trapesium sekaligus disematkan teknologi radar milimeter-wave 4D, dan kap mesin yang melandai.

Pada bagian belakang, model Luxeed S9 ini dilengkapi dengan lampu LED tunggal yang dipenuhi dengan kamuflase, bemper belakang dengan sentuhan glossy, serta spoiler ducktail yang turut memberi kesan gagah dan sporti pada model SUV coupe ini.

Selain itu, model ini juga dilengkapi gagang pintu retractable, spion konvensional yang besar serta sunroof untuk beberapa tipe. Model ini nantinya akan dibekali 20 inci berukuran 255/50 Pirelli Scorpion.

Interior dan Fitur Keselamatan

Masuk ke dalam interior, pengemudi akan dimanjakan dengan kehadiran layar sentuh dengan desain floating, wireless charger ganda, setir 3 palang berbentuk oval yang ditandem dengan tuas persneling, hingga kompartemen barang yang luas.

Luxeed S9 ini akan dibekali sistem keselamatan ADS 3.0 dari Huawei, dengan sistem operasi Hongmeng 3.0 dan Huawei AR-HUD 2.0 serta struktur bodi Xmotion 2.0, menawarkan handling dan keselamatan yang diklaim lebih baik dari pesaingnya.

Platform kendaraan elektrik Chery E0X (Foto: Chery)

Soal performa, model Luxeed S9 ini nantinya akan dibekali motor listrik seperti saudaranya, Luxeed S7, dengan varian RWD bertenaga 215 kW (sekitar 288 dk), dan varian 4WD bertenaga 365 kW (sekitar 489 dk).

Model ini nantinya akan dibekali dengan tiga jenis baterai, yakni LFP berkapasitas 62 kWh, M3P (gabungan dari NMC + LFP) berkapasitas 82 kWh, serta NMC berkapasitas 100 kWh.

Luxeed S9 ini akan dipasarkan untuk regional Tiongkok di pertengahan kedua 2024, dengan kisaran harga 300.000 hingga 400.000 Yuan (sekitar Rp673 Juta - Rp897 Juta), di dealer Huawei dan HIMA.

Sekilas Tentang Luxeed

Diluncurkan pada 2023 lalu, merek Luxeed yang merupakan kolaborasi antara dua pabrikan ini menggabungkan keahlian Chery pada teknologi kendaraan listrik dan teknologi komunikasi dari Huawei pada model pertama mereka, yakni Luxeed S7, berbentuk bodi ala sedan eksekutif.

Tag

Naufal Nurihsan Fauzi

Just your ordinary guy, that likes playing games, keen into tech stuff, and (sometimes) designing something.