Visual gim. Foto: Variety

Ditangani Capcom dan Sony Pictures, Film Street Fighter Terbaru Debut Maret 2026

Pop Kultur 29 Jun 2024

Sony Pictures telah mengumumkan pada Rabu (26/6) lalu, bahwa adaptasi film layar lebar Street Fighter terbaru dari mahakarya gim pertarungan Street Fighter akan dirilis di Amerika Serikat pada 20 Maret 2026.

Dilansir melalui Rakuten Infoseek dan THEWRAP, pembuatan film layar lebar Street Fighter terbaru akan diproduksi melalui kerjasama antara Legendary Pictures dan Capcom, kreator gim Street Fighter.

Film serial Street Fighter terbaru ini akan menjadi film kedua yang didasarkan pada brand gim pertarungan terkenal, setelah film kultus 1994 yang disutradarai oleh Steven E. de Souza dan dirilis oleh Universal dan Columbia/TriStar.

Legendary pertama kali mengumumkan bahwa pihaknya memperoleh hak lisensi film dari Capcom pada Maret 2023.

Street Fighter memulai debutnya di arcade pada 1987 dan menjadi salah satu gim pertarungan paling populer yang pernah dibuat. Street Fighter telah terjual lebih dari 49 juta kopi di seluruh dunia sejak pertama rilis.

Sekuel Street Fighter II dirilis pada 1991, menjadi standar emas genre ini dengan mode dua player dan delapan karakter, dengan gaya bertarung serta set kombo mereka sendiri.

Sekuel tersebut juga melahirkan versi alternatifnya yang sangat populer, termasuk Street Fighter II Turbo dan Super Street Fighter II.

Kesuksesan seri kedua memicu peningkatan popularitas gim pertarungan pada awal 1990-an, mempengaruhi seri lain seperti Mortal Kombat dan Tekken sekaligus melahirkan seri spin-off crossover yang sukses dengan Marvel vs Capcom.

Serial Street Fighter adalah brand gim terkenal yang telah mencatat penjualan luar biasa di seluruh dunia sejak debutnya pada 1987. Karakter seperti Ryu, Ken, dan Chun-Li dicintai di seluruh dunia sebagai ikon dunia gim.

Setelah memperoleh hak lisensi, Legendary sudah berencana membawa dunia gim ke layar lebar.

Ini bukan pertama kalinya Street Fighter dijadikan film. Pada 1994, Universal merilis sebuah film yang dibintangi oleh Jean-Claude Van Damme, yang merupakan bintang laga yang sangat populer pada saat itu.

Kemudian, pada 2009, 20th Century Fox merilis Street Fighter: The Legend of Chun-Li yang berfokus pada karakter populer Chun-Li dan dibintangi oleh Kristin Kreuk. Namun sayangnya, kedua film ini mendapat ulasan buruk dari para kritikus dan penonton, serta rating rendah pada box office.

Namun, popularitas film berdasarkan gim telah berubah secara dramatis dalam beberapa tahun terakhir. Adaptasi film live-action dan animasi telah sukses, seperti serial Sonic the Hedgehog, Uncharted, dan film hit yang memecahkan rekor, The Super Mario Bros. Movie.

Selain itu, di bidang drama TV, karya film seperti The Last of Us dan Fallout telah mendapat banyak pujian dan minat terhadap konten berbasis game meningkat lebih dari sebelumnya.

Tag