Ditemukan Meninggal Dunia, BBC Siarkan Program Penghormatan Khusus Untuk Dr Michael Mosley

Media 12 Jun 2024

Dr Michael Mosley, seorang jurnalis medis Inggris dan presenter BBC, ditemukan meninggal dunia di sebuah pulau Yunani pada hari Minggu (9/6) setelah dilakukan pencarian selama empat hari oleh kepolisian setempat. Beliau wafat di usia 67 tahun.

Dikutip dari Variety dan CNN, Mosley, yang menghilang di pulau Symi pada Rabu sore, ditemukan oleh pejabat Yunani di sebuah pantai di Agia Marina dalam keadaan meninggal dunia. Walikota setempat Eleftherios Papakalodoukas turut mengonfirmasi kejadian tersebut.

Mayat Mosley ditemukan ketika sebuah perahu yang membawa walikota pulau itu, Lefteris Papakalodoukas, dan beberapa jurnalis melihatnya berbaring telungkup di samping pagar sekitar 20 meter (66 kaki) di atas pantai Agia Marina.

Posisi jenazahnya ditemukan menunjukkan dia sedang duduk pada saat kematiannya, kata Dimoglidou.

Laporan dari BBC menyebutkan bahwa Pemeriksaan post-mortem awal pada jenazah Dr Michael Mosley menyimpulkan bahwa dia meninggal karena sebab alamiah.

Juru bicara kepolisian Yunani Konstantia Dimoglidou mengatakan kepada BBC bahwa pemeriksaan awal tidak menemukan luka di tubuhnya yang dapat menyebabkan kematiannya.

Waktu kematian Dr Mosley adalah sekitar pukul 16:00 (14:00 BST) pada hari Rabu, hari dimana dia hilang.

Pihak BBC juga telah melihat rekaman CCTV, yang diambil di dekat bar pantai Agia Marina, yang menunjukkan Dr Mosley menghilang dari pandangan saat ia perlahan-lahan berjalan menuruni lereng bukit dekat tempat jenazahnya ditemukan. Mendiang kemudian pingsan di balik dinding.

BBC Siarkan Program Khusus

BBC telah mengumumkan bahwa mereka akan menyiarkan dua penghormatan khusus kepada presenter TV Dr Michael Mosley setelah kematiannya di pulau Symi, Yunani.

Salah satu programnya akan menyertakan rekaman wawancara terakhir yang dia lakukan.

Program pertama dari dua program, There's Only One Michael Mosley, akan disiarkan di BBC Radio 4 dan BBC Sounds pada pukul 11:00 BST pada hari Jumat tanggal 14 Juni.

Ini akan menampilkan wawancara terakhir yang dilakukan Dr Mosley, yang direkam di tenda BBC sebagai bagian dari Hay Festival pada bulan Mei.

Dalam wawancara bertajuk How to Live a Good Life, Dr Mosley berbicara dengan Paul Bloom, Profesor Emeritus Psikologi dan Ilmu Kognitif di Universitas Yale.

BBC mengatakan mereka melihat presenter "dalam kondisi terbaiknya, penuh kehangatan, wawasan dan sangat menikmati waktunya bersama penonton".

Program spesial kedua, Michael Mosley - The Doctor Who Changed Britain, akan disiarkan di BBC One dan iPlayer pada hari Jumat 14 Juni pukul 20:00 BST.

"Program ini akan melihat kembali karir penyiaran yang luar biasa selama hampir 40 tahun", kata BBC.

Profil singkat

Dr Mosley, yang belajar kedokteran di London dan memenuhi syarat sebagai dokter, adalah penulis buku diet terkenal yang mempromosikan puasa dan pengurangan kalori.

Bukunya yang diterbitkan pada tahun 2013, “The Fast Diet,” yang ia tulis bersama jurnalis Mimi Spencer, mengusulkan diet 5:2, suatu bentuk puasa intermiten yang melibatkan minimalisasi asupan kalori dua hari dalam seminggu.

Selain itu, Mosley muncul di berbagai program untuk BBC, termasuk “Trust Me, I'm a Doctor,” “Medical Mavericks,” “Blood and Guts: A History of Surgery” dan “Eat, Fast and Live Longer.” Dia juga menjadi pembawa acara podcast BBC “Just One Thing” dan memiliki kolom di Daily Mail.

Pada tahun 2002, ia menerima nominasi Emmy untuk “The Human Face,” serial empat bagian BBC yang membahas ilmu di balik kecantikan dan ekspresi wajah.

Tag

Visio

Hanya seorang eks budak korporat yang menyukai game, manga, anime.