HP Luncurkan Laptop Omnibook X dan EliteBook Ultra, Lebih Produktif dengan AI!

Mei lalu, produsen komputer HP umumkan dua model laptop dengan integrasi AI (kecerdasan buatan) yang akan rilis secara internasional, yaitu Omnibook X dan EliteBook Ultra G1q melalui siaran pers.

Rabu (19/06), HP ungkap informasi lebih lengkap mengenai spesifikasi dan fitur kedua laptop tersebut melalui situs resmi sekaligus membuka pre-order, menurut laporan Gizmochina.

Omnibook X dan EliteBook Ultra sepertinya juga akan dijual di Indonesia, melihat situs resmi HP Indonesia telah memuat spesifikasi kedua laptop tersebut.

Omnibook X

Omnibook, seri laptop lawas yang diproduksi tahun 90-an, kembali dengan tampilan yang modern. Semula ditujukan untuk bisnis, kini HP mendesain ulang Omnibook untuk penggunaan umum. Konon, seri Omnibook juga akan menggantikan Pavilion, seri yang lama dikenal sebagai laptop sehari-hari.

Omnibook X (Foto: hp.com).

Omnibook X cukup ringan untuk ukurannya, yaitu 1,35 kg dengan layar sentuh 14 inci. Laptop tersebut dapat memuat penyimpanan SSD hingga 2TB dan RAM hingga 32GB, dan dapat bertahan sampai 26 jam. Omnibook X juga mendukung Wi-Fi 7 dan BlueTooth 5.4.

Laptop tersebut hadir dalam warna Ceramic White dan Meteor Silver, serta akan dijual mulai $1199.99 (Rp 20 juta) di AS.

EliteBook Ultra G1q

Menggantikan Omnibook, EliteBook Ultra menjadi model laptop berbasis AI yang menargetkan pekerja bisnis.

Bodi EliteBook Ultra memiliki bobot, dimensi, dan tampilan yang serupa dengan OmniBook, yaitu mulai dari 1,35 kg dan memiliki layar sentuh 14 inci. Bedanya, penyimpanan EliteBook Ultra sebanyak 512GB/1TB SSD serta memiliki RAM 16GB, dan memiliki variasi penyimpanan yang lebih terbatas.

EliteBook Ultra G1q (Foto: hp.com).

Namun, EliteBook sudah memuat HP Wolf Pro Security dan merupakan laptop yang secured-core. Laptop tersebut juga memamerkan empat speaker stereo serta dua mikrofon.

EliteBook Ultra hanya hadir dalam satu warna saja, Atmospheric Blue, dan akan dijual mulai $1699.99 (Rp 27 juta) di AS.

Integrasi AI

Kedua model laptop tersebut memuat beberapa fitur bertenaga AI yang akan sangat membantu produktivitas kerja dan kegiatan sehari-hari lainnya, seperti video call dan organisasi file.

Windows Studio Effects

Windows Studio Effects menggunakan AI untuk meningkatkan kualitas audio dan video saat video call. Ada filter yang dapat digunakan (termasuk background blur), fitur peningkatan kontak mata, pencahayaan otomatis, dan fitur penghapusan suara latar yang berisik.

Copilot

Jika mengenal Siri dan Gemini, seharusnya sudah tidak asing dengan konsep Copilot.

Dilansir dari situs resmi Microsoft, Copilot merupakan asisten pribadi yang dapat diberi tugas atau pertanyaan melalui suara atau chat. Tak hanya menjawab pertanyaan, Copilot juga dapat membuat ringkasan teks, menggambar, dan mengatur window dalam layar.

Prosesor Qualcomm Snapdragon X Elite

Meskipun ini bukan termasuk fitur perangkat lunak, chipset tersebut dapat menanggung pekerjaan AI dan multitasking dengan nyaman. Prosesor tersebut dipadukan dengan GPU yang juga diproduksi oleh Qualcomm, Adreno.

HP telah membuka pre-order kedua model laptop tersebut di negara tertentu seperti AS, Inggris, dan India. Saat ini, belum ada informasi lebih lanjut mengenai pre-oder atau pembelian laptop tersebut di Indonesia.