Huawei Resmi Luncurkan HarmonyOS NEXT Versi Beta

Teknologi 24 Jun 2024

Ya, itu akhirnya terjadi. HarmonyOS NEXT dari Huawei akhirnya benar-benar melepaskan akar Androidnya yang tersendat-sendat. Seperti yang dijanjikan pada Huawei Developer Conference (HDC) 2023, versi baru OS ini merupakan upaya perangkat lunak yang baru dan segar. Huawei secara resmi meluncurkan HarmonyOS NEXT Beta pada konferensi HDC 2024 tahun ini.

Dilansir dari GSM Arena, hal mendasar dari HarmonyOS NEXT adalah sistem tersebut tidak didasarkan pada Android, juga bukan sistem Linux. Ini didasarkan pada OpenHarmony dan merupakan sistem operasi terdistribusi inti berbasis mikrokernel untuk HarmonyOS. Artinya HarmonyOS NEXT memiliki mikrokernel HarmonyOS.

Sistem ini hanya mendukung aplikasi APP asli melalui Ark Compiler dengan dukungan Huawei Mobile Services (HMS) Core. Artinya, OS tersebut tidak memiliki kompatibilitas asli dengan aplikasi dan file APK Android, seperti yang ditunjukkan dalam postingan yang berasal dari Weibo ini.

HarmonyOS NEXT masih terlihat dan terasa seperti OS seluler yang familier, seperti yang ditunjukkan dalam video UI. Namun itu hanya versi smartphone saja, dan HarmonyOS NEXT juga akan berjalan di perangkat lain.

Huawei menjanjikan arsitektur baru yang dapat meningkatkan efisiensi kinerja secara keseluruhan sebesar 30%. Rupanya, kecepatan konektivitas ditingkatkan tiga kali lipat, menghasilkan koneksi antar perangkat yang lebih cepat. Konsumsi daya secara keseluruhan tampaknya telah berkurang sebesar 20%, dan ini merupakan jumlah yang besar.

Adapun selain beberapa fitur menonjol dari HarmonyOS NEXT, OS ini menjanjikan arsitektur terpadu yang menggabungkan fasilitas lokal dan cloud. Interkonektivitas adalah bagian besar dari pengalaman ini.

Pengguna akan dapat berbagi konten atau menghubungkan aplikasi secara mulus antar perangkat tanpa melalui beberapa langkah dan proses instalasi. HarmonyOS NEXT juga dipenuhi dengan AI. Ada fitur asli seperti pembuatan gambar, perbaikan suara AI, dan bantuan membaca untuk orang dengan masalah bicara atau penglihatan.

HarmonyOS NEXT juga menjanjikan untuk menjadi pembangkit tenaga multimedia dengan dukungan untuk Ark Multimedia Engine, Ark Graphics Engine, dan FFRT. Teknologi terakhir ini tampaknya menjanjikan ray tracing tingkat PC untuk game.

Untuk saat ini, HarmonyOS NEXT Beta hanya tersedia di Tiongkok. Belum ada rencana dari Huawei untuk masa depan OS tersebut. Namun, semuanya terlihat sangat ambisius.

Tag

Visio

Hanya seorang eks budak korporat yang menyukai game, manga, anime.