Ini adalah IONIQ 5 N, tapi ini bukan IONIQ 5 N biasa, tetapi ini adalah IONIQ 5 N Time Attack Spec yang akan terjun ke balapan Pikes Peak tahun ini (hyundai.com)

Hyundai Bakal 'Nyebur' Lagi ke Ajang Balapan Pikes Peak Dengan Mobil Listrik Ini

Otomotif 1 Jun 2024

MEDIAFORMASI.COM - Jika kamu adalah pemain video game Gran Turismo, tentu kamu ga asing sama nama "Pikes Peak."

Bukan hanya sekedar imbuhan nama pada sebuah Suzuki Escudo merah dengan tenaga yang 'gak ngotak', Pikes Peak sendiri merupakan salah satu ajang balapan legendaris di dunia.

Dinamakan demikian karena dalam balapan ini, pembalap harus berlomba untuk mendaki ke puncak Pikes Peak yang berlokasi di Colorado Springs, Amerika Serikat.

Dan bicara soal ajang balapan ini, pabrikan asal negeri gingseng alias Korea Selatan, Hyundai bakal 'nyebur' lagi ke ajang balapan Pikes Peak International Hill Climb (PPIHC) pada tahun ini.

Bahkan, Hyundai sudah mempersiapkan sebuah mobil listrik yang bakal terjun ke kejuaraan yang melahirkan mobil-mobil legendaris itu.

Dan mobil listrik itu adalah Hyundai IONIQ 5 N yang sudah disiapkan khusus untuk ajang balapan tersebut.

Setidaknya, Hyundai akan mempersiapkan empat buah IONIQ 5 N yang akan digunakan dalam ajang balapan Pikes Peak.

Dua di antaranya merupakan IONIQ 5 N Time Attack spec dan dua lainnya merupakan IONIQ 5 N standar.

Mengenal Spesifikasi IONIQ 5 N Time Attack

Sesuai dengan namanya, IONIQ 5 N Time Attack ini merupakan sebuah IONIQ 5 N dengan perlengkapan dan perintilan yang dirancang khusus buat terjun ke balapan Pikes Peak.

Bukan hanya berbeda soal perintilan dan perlengkapan seperti roll cage, kursi, rem dan lain sebagainya, Hyundai merancang IONIQ 5 N Time Attack ini dengan tenaga yang lebih brutal dibandingkan IONIQ 5 N standar.

Dilansir dari Suara Merdeka, IONIQ 5 N Time Attack punya selisih tenaga 37 hp dibandingkan IONIQ 5 N standar ting-ting berkat tuningan pada softwarenya.

Jika IONIQ 5 N standar dapat menghasilkan tenaga sebesar 641 dk, versi time attacknya bisa punya keluaran tenaga sebesar 678 dk.

Belum lagi soal keluaran suaranya. Sebagai sebuah mobil listrik high performance, Hyundai membekali IONIQ 5 N dengan N Active Sound + yang dapat mensimulasikan suara mesin mobil internal combustion di dalam sebuah mobil listrik.

Dan di IONIQ 5 N Time Attack ini, Hyundai memodifikasi speaker untuk fitur tersebut agar menghasilkan suara yang lebih nyaring.

Kapan Debutnya?

IONIQ 5 N Time Attack ini akan menjalani debut balapan perdananya pada ajang Pikes Peak International Hill Climb (PPIHC) tahun ini, yang akan digelar pada tanggal 23 Juni ini.

Mobil ini nantinya akan dikendarai oleh Robin Shute, juara empat kali Pikes Peak dan pemagang gelar 'King of the Mountain' dan Dani Sordo, seorang pembalap reli dunia Spanyol dari tim Hyundai Motorsport.

Dan bukan hanya IONIQ 5 N versi time attack saja yang akan 'nyebur' ke balapan ini, versi standar ting-ting dari mobil ini pun juga akan diikutsertakan.

Paul Dallenbach dan Ron Zaras akan berada di balik kemudi IONIQ 5 N standar untuk berlaga di ajang balapan Pikes Peak tahun ini.

Bukan yang Pertama Kali Hyundai Nyebur ke Balapan Pikes Peak

Sebelum Hyundai 'nyebur' ke ajang Pikes Peak dengan IONIQ 5 N, Hyundai sebenarnya sudah 'nyebur' ke ajang balapan itu sejak tahun 1992.

Kala itu, Hyundai mengandalkan Hyundai Scoupe yang sudah dimodifikasi dengan mesin turbo 16-katup DOHC buatan mereka sendiri.

Salah satu catatan terbaik Hyundai dalam ajang balapan itu ketika mereka menerjunkan Hyundai Genesis Coupe pada 2012, yang dikendarai oleh Rhys Millen.

Dikutip dari website resmi Hyundai, Rhys berhasil mencatatkan waktu 09:46.164 dan meraih gelar 'King of the Mountain' pada saat itu.***

Tag

Ilham Purnama Sadik

Pecinta Otomotif yang punya tiga oshi : Suisei, Hanasaru dan IONIQ 5. Juga menulis di SuaraMerdeka.com