Pratinjau Fitur "Ad Break" (X/TheDanLevy).

Instagram Uji Coba Fitur Baru "Ad Break"

Teknologi 4 Jun 2024

Instagram diketahui sedang menguji coba "Ad Break" untuk beberapa pengguna terpilih, menurut berbagai sumber di X (Twitter) dan Reddit.

Meta, perusahaan yang mengelola Instagram, telah mengonfirmasi hal ini.

“Kami selalu menguji format yang dapat memberikan nilai lebih bagi pengiklan,” menurut juru bicara Meta dalam komunikasi dengan TechCrunch, Senin (3/6) kemarin.

“Selama kami uji dan pelajari, kami akan berikan update jika uji coba ini akan hasilkan perubahan di [Instagram] secara resmi".

Apa Itu "Ad Break"?

Fitur "Ad Break" mewajibkan pengguna Instagram untuk melihat iklan selama 3-5 detik sebelum lanjut scrolling.

Menurut tangkapan layar yang diunggah seorang pengguna Instagram, Dan Levy, "Ad Break" menampilkan timer di bagian bawah layar.

Jika ikon "I" disentuh, Instagram memberi tahu bahwa pengguna sedang melihat "Ad Break", dan menambahkan bahwa terkadang pengguna harus melihat iklan sebelum lanjut browsing.

Iklan bukan hal yang baru di Instagram. Umumnya, iklan disisipkan di antara story dan feed. Namun, ini pertama kalinya pengguna Instagram tidak dapat "skip" sebuah iklan.

Respons Publik yang Kurang Memuaskan

Mayoritas netizen berikan respons negatif terhadap "Ad Break". Bahkan, ada yang tidak ingin lanjut menggunakan Instagram sama sekali.

"Kini Meta sepertinya memaksa kami untuk melihat iklan di Instagram!" kata Levy dalam cuitan yang memuat tangkapan layar "Ad Break". Levy tambahkan dalam balasan bahwa Instagram "bersikap sangat kasar terhadap penggunanya."

"Ad Break" juga menjadi topik hangat di Reddit. "Saya bisa tahan dengan banyaknya iklan yang tersebar di Instagram, tapi yang tidak bisa di-skip? GTFO," kata salah satu pengguna Reddit melalui unggahan di subreddit r/Instagram.

"Sampai jumpa IG. Saya tidak perlu [Instagram]," balas pengguna Reddit lainnya, yang juga seorang penguji coba terpilih, dalam kolom komentar unggahan tersebut.

Tag

Aqila Shafa Arimurti

Pianis, gitaris, bassist, komposer musik gim, fotografer, dan content writer.