Tagline yang digunakan saat pengumuman Intel di Computex 2024 (Foto: Computex)

Intel Resmi Umumkan Prosesor Baru "Lunar Lake" di Computex 2024

Teknologi 5 Jun 2024

Setelah kemarin pesaingnya, AMD meluncurkan beragam lini produk dengan arsitektur terbaru mereka, kali ini giliran Intel untuk unjuk gigi dalam memamerkan beragam produk terbarunya di ajang Computex 2024 yang berlangsung di Taipei, Taiwan mulai dari 4-7 Juni 2024 ini.

Salah satu yang menjadi sorotan dalam pengumuman kali ini ialah tentang arsitektur terbaru yang akan menjadi basis produk prosesor terbaru mereka, yakni Lunar Lake, seperti mengutip dari AnandTech pada Selasa (4/6) kemarin.

Lini prosesor berbasiskan arsitektur Lunar Lake ini menyasar segmen ultra low-power namun dengan performa yang tidak dipangkas seperti pada lini prosesor pendahulunya.

Kehilangan Fitur Hyper-Threading

Dibuat pada pabrik TSMC dengan litografi campuran antara 3 nanometer (N3B) dan 6 nanometer (N6), lini prosesor terbaru Lunar Lake ini memiliki berbagai perubahan signifikan dibandingkan pendahulunya, seperti penghilangan fitur hyper-threading / SMT khas Intel, dengan konfigurasi inti CPU yang menggunakan 4P+4E / 8T saja.

Meskipun kehilangan fitur hyper-threading, lini prosesor terbaru mereka ini tetap akan kompetitif dibandingkan pesaingnya, dengan klaim peningkatan pada kluster efisiensi mereka (E-core) dibandingkan dengan kluster performa (P-core) dari seri "Raptor Lake" hingga 20 persen!

Dengan bekerjasama dengan Microsoft untuk membuat scheduling khusus, lini prosesor Lunar Lake ini nantinya dapat menyesuaikan beban program pada prosesor, seperti pada program Microsoft Teams yang hanya menggunakan E-core pada prosesor ini.

"Ini merupakan keunggulan dari arsitektur Lunar Lake, dimana pengguna dapat menjalankan berbagai program tanpa menggunakan kluster performa, dan dengan daya yang lebih sedikit" ujar Technical Marketer di Intel, Rob Hallock, mengutip dari TheVerge.

Penggabungan Modul RAM serta Perubahan di Sektor Grafis dan AI

Perubahan lain yang terdapat pada lini Lunar Lake ini ialah penggabungan modul memori dan CPU dalam satu packaging, dengan konfigurasi RAM 16GB atau 32GB LPDDR5X, seperti pada seri prosesor ARM Apple M atau Qualcomm Snapdragon X.

Modul CPU terbaru dari Intel, Lunar Lake, dengan modul RAM yang menyatu pada keseluruhan modul tersebut (Foto: Intel)

Sektor grafisnya juga tidak luput dirombak, dengan arsitektur GPU bernama Xe2, yang diklaim Intel mendapatkan peningkatan hingga 50% dibandingkan kartu grafis pada lini Meteor Lake (pada aplikasi 3DMark Time Spy), dengan konfigurasi yang sama seperti pendahulunya.

Selain itu, terdapat juga NPU (Neural Processing Unit) generasi ke-4 dengan klaim performa puncak hingga 48 TOPS, dan efisiensi yang lebih baik 2x lipat dibandingkan pendahulunya.

Meskipun menyedot daya yang sedikit lebih besar dibanding pendahulunya, Meteor Lake, yakni 11.2 watt berbanding 9 watt, NPU terbaru ini diklaim Intel jauh lebih cepat, dengan membutuhkan waktu 5.8 detik dibandingkan 20.9 detik ketika menggunakan aplikasi Stable Diffusion.

Perubahan Lainnya pada CPU Lunar Lake

  • Lini prosesor Lunar Lake mendukung format encoding video H.266 VVC, dengan pengurangan ukuran file sebesar 10 persen dibandingkan dengan AV1 pada kualitas yang sama.
  • WiFi 7 dan Bluetooth 5.4 yang ditanamkan pada modul CPU.
  • Dukungan eDP 1.5 dengan fitur "panel replay" yang dapat menghemat hingga 351 mW.
  • Partner Security Engine, dengan basis yang sama seperti chip sekuriti Microsoft Pluton.
  • Pengurangan clock CPU lebih granular, dengan interval 16,67Mhz (dibandingkan sebelumnya, yakni 100Mhz) untuk memaksimalkan performa.
  • Dukungan 2 port Thunderbolt 4 pada setiap sistem berbasis prosesor Lunar Lake.
  • Penyesuaian kecepatan RAM untuk mengurangi interferensi modul WiFi
  • Intel akan menjual AI PC development kit berbentuk seperti Mac Mini, yang nantinya akan diupgrade ke lini Panther Lake kedepannya.

Lini laptop berbasiskan Lunar Lake ini akan diluncurkan akhir tahun ini, meliputi 80 desain berbeda dari 20 vendor, tepatnya sebelum liburan akhir tahun ini, ujar Michelle Johnston Holthaus, Vice President of Client Computing Group Intel kepada TheVerge.

Tag

Naufal Nurihsan Fauzi

Just your ordinary guy, that likes playing games, keen into tech stuff, and (sometimes) designing something.