Elon Musk dan Tesla (Foto: livelaw.in).

Investor Tesla Tuntut Elon Musk Akibat Pengalihan Sumber Daya ke xAI

Teknologi 14 Jun 2024

Beberapa pemegang saham Tesla menilai CEO Elon Musk "tidak setia" kepada perusahaan otomotif tersebut akibat mengalihkan sumber daya Tesla ke xAI, perusahaan kecerdasan buatan (AI) milik Elon.

Menurut laporan Business Insider, Jumat (14/6), para pemegang saham Tesla yaitu Cleveland Bakers and Teamsters Pension Fund, Michael Giampietro, dan Daniel Hazen, telah ajukan gugatan terhadap Elon Musk pada Kamis (13/6) kemarin melalui pengadilan di Delaware, tempat di mana Tesla didirikan.

Apa Saja yang Digugat?

Dalam gugatan tersebut, Elon dituduh telah mengalihkan karyawan-karyawan terbaik Tesla, serta memindahkan graphics processing unit (GPU) Nvidia, yang Elon janjikan akan digunakan oleh Tesla, ke xAI.

Para penggugat juga berikan bukti tambahan perubahan fokus Elon ke AI, yaitu sebuah cuitan yang diunggah Januari lalu melalui X resmi Elon (@elonmusk).

Elon mengungkapkan bahwa ia ingin mengalihkan fokus Tesla menjadi perusahaan terdepan di bidang robotik dan AI. Namun, jika tidak memiliki setidaknya 25% dari voting power Tesla, ia lebih memilih untuk membangun produk di luar Tesla.

Penggugat juga menuduh dewan Tesla karena tidak melakukan apa-apa mengenai isu tersebut.

"Konsisten dengan sejarah panjang kepatuhan mereka terhadap Musk, dewan Tesla sama sekali gagal dalam upaya untuk memenuhi kewajiban fidusia mereka dan melindungi kepentingan Tesla dan pemegang sahamnya dalam menghadapi ketidaksetiaan Musk yang tebal muka" menurut gugatan tersebut.

Tentang xAI

xAI merupakan perusahaan pengembangan alat kecerdasan buatan (AI) yang didirikan oleh Elon tahun 2023 silam. Salah satu produk xAI adalah Grok, chatbot yang dapat diakses melalui X (Twitter) dan merupakan fitur premium atau berbayar.

Tag

Aqila Shafa Arimurti

Pianis, gitaris, bassist, komposer musik gim, fotografer, dan content writer.