iOS 18 Hadir dengan Apple Intelligence, Versi Beta Rilis Juli 2024

Teknologi 11 Jun 2024

Tepat pada hari ini, Selasa (11/6), Apple menggelar Worldwide Developers Conference, atau lebih dikenal dengan WWDC 2024. Apple secara mengejutkan meluncurkan iOS 18, versi berikutnya dari sistem operasi iPhone, yang akan tersedia pada musim gugur ini untuk banyak iPhone.

Melalui laman resminya, iOS 18 hadir dengan menampilkan lebih banyak opsi penyesuaian, perombakan terbesar pada desain aplikasi Foto, cara baru bagi pengguna untuk mengelola inbox di Mail, Pesan melalui satelit, dan masih banyak lagi.

Pengguna akan dapat mengatur aplikasi dan widget di ruang terbuka mana pun di Layar Home, menyesuaikan tombol di bagian bawah Layar Terkunci, dan mengakses lebih banyak kontrol dengan cepat di Pusat Kontrol. Perpustakaan foto secara otomatis diatur dalam satu tampilan baru di Foto, dan koleksi baru membuat foto dan video favorit tetap mudah diakses.

Selain itu, fitur Mail menyederhanakan kotak masuk dengan menyortir email ke dalam kategori menggunakan kecerdasan di perangkat, dan efek teks yang sepenuhnya baru hadir di iMessage. Didukung oleh teknologi terobosan yang sama dengan kemampuan satelit iPhone saat ini, pengguna kini dapat berkomunikasi melalui satelit di aplikasi Pesan ketika koneksi seluler atau Wi-Fi tidak tersedia.

Apple Intelligence

iOS 18 juga menghadirkan Apple Intelligence, sistem kecerdasan personal untuk iPhone, iPad, dan Mac yang menggabungkan kekuatan model generatif dengan konteks personal untuk menghadirkan kecerdasan yang sangat berguna dan relevan.

Dibangun dengan mengutamakan privasi, Apple Intelligence terintegrasi secara mendalam di iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia. Teknologi ini memanfaatkan kekuatan Apple silicon untuk memahami dan menciptakan bahasa dan gambar, melakukan tindakan di seluruh aplikasi, dan memanfaatkan konteks personal untuk memudahkan dan mempercepat tugas sehari-hari.

“Kami sangat antusias untuk memperkenalkan iOS 18. Ini adalah rilis besar dengan fitur-fitur luar biasa, termasuk tingkat penyesuaian dan kemampuan baru, aplikasi Foto dengan desain baru, dan cara-cara yang luar biasa untuk tetap terhubung melalui Pesan. Ada begitu banyak kegunaan bagi semua orang,” kata Craig Federighi, Senior Vice President of Software Engineering Apple sebagaimana dikutip dari laman resmi Apple.

“Peluncuran ini juga menandai dimulainya era baru kecerdasan personal yang sangat menarik dengan Apple Intelligence yang memberikan pengalaman intuitif, andal, dan langsung terasa kegunaannya, yang akan mengubah pengalaman menggunakan iPhone, dengan tetap mengutamakan privasi. Kami tidak sabar menunggu pengguna mencobanya sendiri,” lanjut beliau.

Apple Intelligence Mengubah Pengalaman iPhone

Terintegrasi secara mendalam ke dalam iOS 18 dan dibangun dengan mengutamakan privasi, Apple Intelligence menghadirkan cara-cara baru bagi pengguna untuk menyempurnakan tulisan mereka dan berkomunikasi dengan lebih efektif. Dengan Alat Penulisan bawaan baru yang tertanam dalam sistem iOS 18, pengguna dapat menulis ulang, mengoreksi, dan meringkas teks di mana pun pengguna menulis, termasuk di Mail, Catatan, Pages, dan aplikasi pihak ketiga.

Kemampuan gambar yang baru membuat komunikasi dan ekspresi diri menjadi lebih menarik. Dengan Image Playground, pengguna dapat membuat gambar yang menarik dalam hitungan detik, dengan memilih dari tiga gaya: Animasi, Ilustrasi, atau Sketsa. Image Playground mudah digunakan, terintegrasi langsung ke dalam aplikasi seperti Pesan, dan juga tersedia dalam aplikasi khusus.

Memori di Foto memungkinkan pengguna membuat cerita yang ingin mereka lihat hanya dengan mengetikkan deskripsi. Apple Intelligence akan memilih foto dan video terbaik berdasarkan deskripsi, merangkai alur cerita dengan bab-bab berdasarkan tema yang diidentifikasi dari foto-foto tersebut, dan menyusunnya menjadi sebuah film dengan alur ceritanya sendiri. Selain itu, alat Pembersih baru dapat mengidentifikasi dan menghapus objek yang mengganggu di latar belakang foto, tanpa mengubah subjek secara tidak sengaja.

Dengan kemampuan Apple Intelligence, Siri mengalami kemajuan besar, menjadi lebih alami, relevan secara kontekstual, dan personal. Pengguna dapat mengetik ke Siri, dan beralih antara teks dan suara untuk berkomunikasi dengan Siri melalui cara apa pun yang dirasa tepat untuk situasi tersebut.

Dengan Komputasi Cloud Pribadi, Apple menetapkan standar baru untuk privasi dalam AI, dengan kemampuan untuk melenturkan dan meningkatkan kapasitas komputasi antara pemrosesan di perangkat, dan model berbasis server yang lebih besar yang berjalan di server Apple silicon khusus.

Ketika permintaan disalurkan ke Komputasi Cloud Pribadi, data pengguna tidak disimpan maupun tidak dapat diakses oleh Apple, dan hanya digunakan untuk memenuhi permintaan pengguna - janji privasi dapat diverifikasi oleh ahli independen.

Selain itu, akses ke ChatGPT diintegrasikan ke dalam Siri dan Alat Menulis di seluruh platform Apple, sehingga pengguna dapat mengakses keahliannya, serta kemampuannya dalam memahami gambar dan dokumen, tanpa perlu berpindah-pindah alat.

Ketersediaan

Versi beta pengembang iOS 18 tersedia melalui Program Pengembang Apple di developer.apple.com mulai hari ini, dan versi beta publik akan tersedia bulan depan melalui Program Perangkat Lunak Beta Apple di beta.apple.com. iOS 18 akan tersedia tahun ini sebagai pembaruan perangkat lunak gratis untuk iPhone Xs dan lebih baru.

Sedangkan Apple Intelligence akan tersedia dalam versi beta di iPhone 15 Pro, iPhone 15 Pro Max, serta iPad dan Mac dengan M1 dan lebih baru, dengan Siri dan bahasa perangkat yang diatur ke bahasa Inggris AS, sebagai bagian dari iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia tahun ini.

Tag

Visio

Hanya seorang eks budak korporat yang menyukai game, manga, anime.