Jamie Kellner, Eksekutif Pencipta Fox dan The WB Wafat

Media 24 Jun 2024

Jamie Kellner, yang menjadikan namanya sebagai satu-satunya eksekutif yang menciptakan dua jaringan penyiaran — Fox dan The WB (keduanya juga mencapai keuntungan di bawah pengawasannya), meninggal di usia 77 tahun pada hari Jumat (21/6) lalu di rumahnya di Montecito, California.

Dikutip dari Los Angeles Times dan Variety, Dia meninggal di rumahnya di Montecito setelah perjuangan panjang melawan kanker, menurut juru bicara keluarga.

Profil singkat dan karir

Lahir di Brooklyn dan dibesarkan di Long Island, Kellner pertama kali membuat namanya terkenal di Orion Entertainment Group, di mana ia mempelopori upaya bersama Lorne Michaels untuk membeli hak atas episode asli “Saturday Night Live,” yang dipotong menjadi 30 menit per episode dan dijual dalam sindikasi.

Kemitraan yang menguntungkan ini menarik perhatian Rupert Murdoch dan Barry Diller, yang pada pertengahan tahun 80-an berencana meluncurkan jaringan penyiaran baru untuk menyaingi “Tiga Besar” yang sudah lama berdiri: ABC, NBC, dan CBS. Kellner menjadi presiden pertama dan chief operating officer Fox Broadcasting Co.

Diluncurkan pada tahun 1986, Fox adalah jaringan baru pertama di siaran televisi Amerika sejak ABC pada tahun 1948.

Kellner telah memberikan dampak yang luar biasa pada bisnis televisi pada tahun 1980-an, 1990-an, dan awal 2000-an, dan dianggap sebagai seorang wirausaha ketika ia membangun Fox (1986) dan The WB (tahun 1995), dan kemudian secara mandiri mendirikan grup stasiun Acme Communications, dan untuk sementara waktu menjalankan Turner Broadcasting sebagai ketuanya dan CEO (menggantikan Ted Turner).

Dampak Kellner mencakup banyak kelahiran program penting seperti “The Simpsons,” “Married… With Children,” “Cops,” “In Living Color” dan “21 Jump Street” di Fox, serta berbagai program jangka panjang di WB seperti “Dawson's Creek,” “Buffy the Vampire Slayer,” “Gilmore Girls,” “7th Heaven” dan “Felicity”.

“Jamie Kellner adalah seorang raksasa dan visioner di industri kami, namun dia akan dikenang oleh siapa pun yang cukup beruntung untuk bekerja untuknya sebagai eksekutif atau sebagai showrunner sebagai mentor, teman, suami, dan mentor yang hangat, lucu, karismatik, kreatif, dan sosok Ayah baik hati,” kata produser Greg Berlanti.

“Dia mendedikasikan hidupnya di TV untuk membina dan mempertaruhkan generasi berbakat baik di depan maupun di belakang kamera. Saya tahu saya berbicara mewakili banyak orang ketika saya mengatakan hidup saya diubah oleh rumah bergaya Camelot yang dia ciptakan untuk kita semua yang bekerja di The WB. Dia akan sangat dirindukan.” 

Kellner pensiun pada usia 57 tahun di tahun 2004 setelah memiliki saham di The WB ketika diluncurkan sebagai perusahaan patungan antara dia, Warner Bros. dan Tribune Broadcasting. Namun warisannya masih membayangi hingga saat ini dengan Fox dan The CW, yang dihasilkan pada tahun 2006 dari merger antara The WB dan UPN.

Meski pensiun, Dia tetap sibuk mengejar minat seperti berlayar dan emas. Dia juga membuka kilang anggur, Cent'Anni, di Lembah Santa Ynez, dan dikenal sebagai tuan rumah makanan Italia di rumahnya.

Kellner masih sempat menjalankan bisnis TV dari waktu ke waktu. Tahun lalu, ia bergabung dengan alumni Fox lainnya, Preston Padden, dalam mengirimkan surat kepada FCC dan menambahkan suaranya pada petisi untuk menolak perpanjangan izin siaran Fox di stasiun Philadelphia, WTXF.

Tag

Visio

Hanya seorang eks budak korporat yang menyukai game, manga, anime.