[Liputan] Day-1 Comic Frontier 18, Acara "Pasar Wibu" Terbaik Saat Ini

Pop Kultur 30 Jun 2024

Salah satu acara dounjinshi market atau yang bisa dikatakan sebagai bazar komik Jejepangan dan lokal, yaitu Comic Frontier ke-18 telah dilaksanakan pada Sabtu (11/5) dan Minggu (12/5) berlokasi di Hall 7-10 ICE BSD, Tangerang.

Acara Comic Frontier 18 ini bisa dibilang menjadi acara "Pasar Wibu" terbaik saat ini. Salah satunya dikarenakan banyaknya perbaikan dari panitia, terutama mulai venue yang sangat luas dan sejuk, sehingga pengunjung tidak berpanas-panasan di dalam. Meski sempat terjadi antrian ketika melakukan penukaran tiket yang dibuka mulai pukul 09.30 WIB, namun penukaran barcode tiket ini bisa diwakili oleh satu orang jika harus menukar lebih dari satu barcode entah milik saudara ataupun temannya.

Hal ini sangat berbeda saat dahulu Comic Frontier masih diadakan di Balai Kartini. Antrian penukaran tiket sangatlah memakan waktu dan tenaga, belum lagi tempatnya sempit dan sempat pendingin ruangan rusak.

Tak hanya itu, penyediaan shuttle bus gratis bagi pengunjung event Comic Frontier sangatlah membantu, terutama bagi pengunjung yang dari stasiun KRL Cisauk.

Meski masih sedikit kekurangan, terutama ketika sinyal telekomunikasi masih memburuk saat diadakan Comic Frontier. Sinyal jaringan ini sangat krusial, terutama jika ingin melakukan pembayaran dengan QRIS ataupun aplikasi sejenis Ganknow dan Fanmate. Banyak anggota Redaksi yang sempat mengalami gangguan ini. Meski begitu, ini tidak separah saat masih di gedung Balai Kartini, dimana sinyal di Balai Kartini benar-benar hilang total.

Di Comic Frontier kali ini, salah satu kelebihan lain adalah tambahan gedung untuk lokasi Food Court, sehingga banyak stand makanan dan minuman dijual di sana dengan harga yang relatif masih cukup terjangkau bagi pengunjung.

Day 1 Comic Frontier 18

Untuk hari pertama sendiri, antrian penukaran tiket cukup panjang dan harus berpanas-panasan sedikit di luar parkiran Hall 10. Ketika masuk, pengunjung akan langsung disuguhkan oleh besarnya booth dari Bushiroad. Ya, kali ini Bushiroad menjadi magnet tersendiri, mengingat mereka membawa dua seiyuu-nya, Yuka Nishio dan Aina Aiba untuk sesi meet & greet.

Bushiroad sendiri merupakan perusahaan asal Jepang yang melahirkan dan memasarkan berbagai franchise anime terkenal, salah satunya seperti Vanguard dan BanG Dream! Banyak merchandise dari Bushiroad yang dijual, sehingga menyebabkan antrian panjang di booth tersebut, dan banyak yang ludes merchandise tersebut, terutama untuk poster dari kedua guest star ini.

Di sisi sebelah kanan, ada berbagai stand komunitas dan juga activity stage yang ada di Hall 10. Activity stage sendiri menghadirkan berbagai acara, mulai dari musik J-Pop, dance cover, dan coswalk.

Untuk stand komunitas sendiri ada stand Beyblade, Arknights, baca buku, bahkan simulasi game balap. Salah satu stand yang paling rame adalah stand Beyblade, dimana pengunjung bisa merasakan sensasi bermain gasing Beyblade di arena tersendiri.

Di sesi main stage, acara dimulai dengan pidato pembukaan dari Bushiroad. Kemudian, dilanjut oleh kick off VTuber Awards Indonesia.

Setelah itu, acara di main stage dilanjut dengan nonton bareng episode pertama anime I Was Reincarnated as the 7th Prince yang disponsori oleh Muse Indonesia.

Saat petang sekitar jam empat sore, AKA Virtual menampilkan beberapa vtubernya untuk sesi talkshow, menyapa fans, ataupun menyanyi. Day 1 ditutup penampilan berbagai DJ yang mengguncang seluruh isi panggung dengan musik dan lagu yang dikenal para pengunjung.

Kesimpulan

#MedForSquad sepakat bahwa Comic Frontier 18 adalah Comic Frontier yang sangat bagus dari pengamatan pada hari pertama, terlepas dari berbagai kekurangan serupa yang terjadi di edisi sebelumnya. Penambahan hall kali ini memberikan impact yang bagus dan memberikan ruang untuk berleluasa di dalam event. Bagi kita, "pasar wibu" telah memberikan impresi yang sangat baik baik dari lokasi, luas, dan pembawaan acara.

Jangan lupa bahwa laporan hari kedua dari kami akan menyusul...

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Di antara dengan Visio

Photography, Technology and Videography Enthusiast