[Liputan] Inacon 2024, Event Wibu Baru yang Overprice dan Nanggung

Event 18 Jun 2024

Indonesia Anime Con 2024, atau lebih dikenal dengan event Inacon 2024 baru saja digelar Sabtu dan Minggu tanggal 15-16 Juni lalu di hall 9-10 ICE BSD, Tangerang. Dengan jargon membawa konsep anime dan banderol harga tiket masuk reguler mulai dari Rp 105.000,- , apakah event ini termasuk worth it?

Berikut ulasan Redaksi selengkapnya terkait Inacon 2024!

Tidak terlihat ramai pengunjung dan salah tanggal

Redaksi berkesempatan untuk mengunjungi Inacon 2024 selama dua hari berturut-turut. Event yang bisa dibilang masih menjadi bagian dari Indonesia Comic Con dan memiliki konsep event anime ini dipasang banderol harga untuk tiket 2 Day Pass sekitar Rp 185.000,- .

Ketika masuk gate di hari pertama saat pagi sekitar jam 11.00 wib, event ini terlihat sepi pengunjung. Tidak terlihat keramaian yang padat seperti event-event cosplay ataupun kreator yang sudah memiliki nama seperti Anime Festival Asia (AFA), Comic Frontier (Comifuro), bahkan sekelas Chibicon yang sebelumnya digelar di Indonesia.

Event bisa dibilang terlihat lengang, bahkan jika dibandingkan dengan sekelas Comic Frontier yang menyewa 5 hall gedung ICE BSD. Bisa jadi panitia salah memasang tanggal, mengingat sehari setelahnya, masyarakat Indonesia merayakan Hari Raya Idul Adha.

Event Anime, tapi tidak terlihat anime banget

INACON 2024 sudah memasang tajuk dan konsep jika lebih banyak mengusung anime. Nama-nama besar sudah diundang, termasuk Square Enix sebagai salah satu yang terkenal di dunia game dengan Granblue Fantasy, ataupun Muse Indonesia yang membawa anime.

Tapi sepertinya, memang event ini lebih layak disebut sebagai event tandingan Comic Frontier ataupun Chibicon dibandingkan dengan AFA ID. INACON cukup banyak mengundang virtual youtuber, atau bahkan artis-artis yang lebih secara general dikenal masyarakat umum, seperti Hiroaki Kato, JKT48, dan Weird Genius. Khusus nama terakhir bahkan sepertinya tidak ada sangkut paut dengan dunia jejepangan.

Bahkan meski sudah sampai di malam hari kedua, tidak terlihat sesak pengunjung hingga sesi penutupan acara bersama JKT48. Baik di panggung utama ataupun panggung sandbox.

Beda kasta ukuran booth brand besar dan komunitas

Tak ketinggalan, ada banyak perbedaan yang menyebabkan ketimpangan antara brand-brand besar dengan komunitas ataupun brand kecil dan kreator lokal. Brand-brand besar memiliki hiasan dan ornamen yang sangat mewah, seperti Honda dengan memasang jargon kolab bersama virtual youtuber Hololive ID, Kobo Kanaeru, Unipin, Fanmate, dll.

Tapi sayangnya, banyak kreator lokal yang boothnya sangat kecil, ataupun terlihat tidak menonjol. Beberapa toko hobby bahkan komunitas juga memiliki ukuran booth yang sebenarnya mirip seperti Comic Frontier, sehingga bisa dibilang seperti tak terlihat sebagai event berkualitas, namun ala kadarnya. Ya, untuk ukuran event kreator lokal, bisa dibilang ini sangatlah overprice, baik sebagai pengunjung ataupun kreator.

Berbagai "drama" pun muncul di kalangan kreator yang membuka stand, merasa kecewa dan tidak puas terhadap booth dan panitia.

Harga mahal, Lokasi stand terpecah-pecah

Bagi pengunjung, untuk membeli merchandise ataupun action figure mungkin masih merasa harga yang dijual masih cukup terjangkau. Akan tetapi, untuk daftar menu harga makanan dan minuman yang dijual di INACON 2024 cukup mahal, dan stand yang menjualnya pun tidak banyak.

Dari segi lokasi penempatan pun sebenarnya tidak terpusat dengan baik, serta cukup sporadis. Ada stand makanan yang ditaruh dekat dari panggung utama, ada juga di pinggir dan di tengah-tengah stand komunitas ataupun booth besar lain, sehingga cukup menyulitkan. stand toko berjualan figure yang sudah memiliki nama pun juga sporadis dan tulisan namanya terlihat kecil, sehingga agak menyulitkan untuk dicari jika baru pertama kali ke acara ini.

Untuk stand cosplay guest star ataupun dari FANMATE sendiri sangatlah jauh dari pintu masuk, dan lebih dekat dengan pintu keluar dan panggung utama. Lokasi stand ini sendiri bisa dibilang menjadi salah satu magnet utama yang menarik banyak pengunjung, dan menjadi kelebihan lain, seperti kehadiran cosplayer lokal terkenal seperti Punipun dan Matcha Mei, ataupun cosplayer luar macam Sally Dorasnow, Miho, dan Vann.

Redaksi berharap ada banyak perbaikan di event INACON 2024, dan ke depannya event ini bisa dijangkau oleh semua kalangan.

Sebagai penutup, berikut sebagian dokumentasi foto INACON 2024

Tag

Visio

Hanya seorang eks budak korporat yang menyukai game, manga, anime.